Sistem Kesehatan Diambang Kehancuran, Indonesia Lakukan Impor Oksigen dari Negara Lain

- 6 Juli 2021, 15:38 WIB
Petugas medis lengkap dengan APD sedang mendorong tabung oksigen.
Petugas medis lengkap dengan APD sedang mendorong tabung oksigen. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS– Negara tetangga Singapura berikan pasokan oksigen darurat untuk pasien COVID-19 untuk Indonesia serta bantuan dari negara lain termasuk China.

Pemerintah menjelaskan sekitar 10.000 jumlah konsentrator perangkat penghasil oksigen akan diimpor negara lain dan tiba dengan menggunakan pesawat kargo Hercules.

"Sistem kesehatan di ambang kehancuran; rumah sakit sudah kewalahan, pasokan oksigen habis dan layanan kesehatan di Jawa dan Bali sangat tidak siap untuk menangani lonjakan pasien sakit kritis ini," ungkap LSM Save the Children pada sebuah pernyataan dilansir france24.com pada Selasa, 6 Juli 2021.

"Kami telah berkomunikasi dengan Singapura, China, dan sumber lain,” ungkap menteri senior Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga: Luhut Blak-Blakan Soal Jokowi, dari Pujian hingga Sisi Negatif sang Presiden

"Kami juga akan memesan (oksigen) dari negara lain jika kami masih merasa pasokannya tidak mencukupi,” ungkapnya lagi.

Luhut menjelaskan bahwa Indonesia harus siap menghadapi “skenario terburuk” atas lonjakan kasus COVID-19 yang di dorong oleh adanya varian baru Delta.

Sistem kesehatan Indonesia sedang kewalahan atas guncangan COVID19, rumah sakit menolak pasien serta memaksa pihak keluarga agar mencari sendiri oksigen untuk merawat pasien di rumahnya sendiri.

Indonesia sebagai negara terpadat ke-4 mengalami lonjakan kasus pasien terinfeksi COVID-19 dengan mencapai 2,3 juta kasus serta 61.140 jumlah kematian.***

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: france24.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x