Menghindari Satu Insiden yang bisa Hilangkan Nyawa, Tes Keperawanan Masuk TNI AD Wanita Dihapus 

- 11 Agustus 2021, 22:32 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. //ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS – Keperawanan merupakan salah satu syarat untuk bisa masuk TNI Anngkatan Darat (AD).

Namun mulai saat ini, keperawan tidak menjadi syarat, karena secara resmi telah dihilangkan dari persyaratan masuk TNI AD.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dengan alasan jika tetap diadakan akan berpengaruh pada kesehatan.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Ternyata ini Awal Mula Lomba Makan Kerupuk

Oleh karena itu, pihaknya telah memperbaiki pola rekruitmen di TNI AD. Sejumlah tes yang dianggap tak relevan kini ditiadakan, salah satunya adalah test keperawanan bagi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Andika mengatakan, pada sebelumnya ketika proses perekrutan ada yang dinamakan pemeriksaan inpeksi vagina dan serviks. Hal yang sama berlaku untuk pemeriksaan selaput dara yang kini tak lagi digunakan sebagai penilaian tes.

"Hymen atau selaput dara tadinya juga merupakan satu penilaian, apakah hymen utuh atau ruptur sebagian atau ruptur yang sampai habis. Sekarang tidak ada lagi. Tujuan penyempurnaan materi seleksi itu lebih ke kesehatan. Sehingga yang tidak berhubungan lagi dengan itu, tidak perlu lagi," ujar Andika, dikutip priangantimurnews.com dari Instagram @infokomando, Rabu 11 Agustus 2021.

Baca Juga: Disesuaikan dengan UMR, Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemnaker Rp3,5 Juta Cair Minggu Ini, Intip Syaratnya

Lebih lanjut, Andika mengatakan, tes ginekologi tetap dilakukan pihaknya, namun lebih ke pemeriksaan genitalia luar termasuk pemeriksaan ihwal abdomen perut.

Terkait pemeriksaan yang melibatkan secara khusus ke inspeksi vagina dan serviks telah dihapuskan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @infokomado


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah