Tips dan Rekomendasi Pemakaian Masker pada Anak

- 7 Oktober 2021, 22:57 WIB
Menggunakan masker anak yang baik.
Menggunakan masker anak yang baik. /Kemenkominfo/

PRIANGANTIMURNEWS- Penggunaan masker masuk dalam protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus Corona. Agar berfungsi secara efektif, penggunaan masker harus dilakukan dengan benar sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Saat ini penggunaan masker yang disarankan adalah dua lapis. Lapis pertama adalah masker medis dan lapis kedua merupakan masker kain. Tujuannya untuk mencegah droplet yang keluar dan masuk dari dan ke saluran pernapasan.

Bagi orang dewasa, tentu hal yang mudah untuk menggunakan masker. Pasalnya, mereka juga sudah mengerti mengenai ancaman penularan virus Corona. Namun, bagaimana dengan anak-anak?

Baca Juga: Siapa Pasangan Tersilet di Silet Awards 2021? Cek Nama Nominasinya Disini

“Masker tidak perlu digunakan oleh siapa pun yang tidak bisa melepas masker tanpa bantuan—termasuk di antara mereka adalah bayi dan balita, atau seseorang dengan kesulitan bernapas,” demikian pernyataan dilansir dari laman resmi Unicef.

Kendati demikian, WHO dan Unicef mempunyai rekomendasi untuk pemakaian masker pada anak. Berikut tiga rekomendasinya:

1. Anak berusia lima tahun ke bawah

Mereka tidak perlu diwajibkan mengenakan masker. Anjuran ini dibuat demi keselamatan anak dan fakta bahwa setiap anak boleh jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Lakukan Kerja Sama di Tengah Persaingan AS-China

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah