Spiritual Soekarno dan Makna Nama Putra Fajar

- 22 Mei 2022, 09:44 WIB
Presiden RI pertama Soekarno.
Presiden RI pertama Soekarno. /Dok. lipi.go.id

PRIANGANTIMURNEWS- Soekarno lahir saat fajar menyingsing. Itu sebabnya, ia disebut putra sang fajar.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, seorang anak yang terlahir ketika fajar menyingsing, takdirnya telah ditentukan oleh Tuhan.

Soekarno telah lekat dengan dunia kebatinan Jawa. Proses pergantian nama dari Koesno menjadi Karno pun adalah proses mistik nan spiritual yang melibatkan orangtuanya.

Kehidupan orangtuanya yang dekat dengan dunia mistis menjadikan Soekarno sosok yang tidak hanya menghasilkan pemikiran cemerlang, tetapi sosok berhati spiritual.

Baca Juga: Pelabuhan Pamayangsari Akan Dikeruk

Dikutip Priangantimurnews.com dari buku Dunia Batin 2 Macan Asia, Roso Daras menyebut kelahiran Soekarno pada 6 Juni 1901 sebagai perintis abad ke 19 yaitu masa dimana Indonesia masih berada dalam jurang kegelapan. Kegelapan itu diakibatkan oleh penjajahan dan aksi imperialisme yang merajalela di seluruh negeri.

Kelahiran Soekarno diyakini oleh Ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai, sebagai pertanda bahwa anaknya akan menjadi penerang bagi bangsanya di masa depan. Keyakinan ibundanya semakin kuat ketika melihat kenyataan bahwa kelahiran putranya ini bersamaan dengan letusan Gunung Kelud.

Dan meletusnya Gunung Kelud di kala Soekarno lahir menguatkan pertanda bahwa alam menyambut kehadirannya di atas jagat raya.

Tidak ada yang bisa menduga arah nasib dan takdir manusia. Soekarno yang dilahirkan bersamaan dengan letusan gunung Kelud akhirnya menjadi pemimpin besar revolusi dan founding father Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x