Miris! Ratusan Hektar Hutan Tempat Rumah Terakhir Gajah Sumatera Kembali Dirambah

- 6 Juni 2022, 19:02 WIB
Ratusan hektar hutan di kawasan Bentang Alam Seblat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang merupakan rumah terakhir gajah sumatera kembali dirambah untuk dijadikan kebun sawit.
Ratusan hektar hutan di kawasan Bentang Alam Seblat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang merupakan rumah terakhir gajah sumatera kembali dirambah untuk dijadikan kebun sawit. /bengkuluprov.go.id

PRIANGANTIMURNEWS- Temuan tim patroli kolaboratif dari Konsorsium Bentang Seblat menemukan seluas 600 hektare hutan habitat gajah baru saja ditebang habis dan seluas 10 hektare sudah siap ditanami sawit, kata Koordinator Program Konsorsium Bentang Alam Seblat, Iswadi, dikutip dari Antara, Senin 6 Juni 2022.

Ratusan hektar hutan di kawasan Bentang Alam Seblat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang merupakan rumah terakhir gajah sumatera kembali dirambah untuk dijadikan kebun sawit.

Bentang Alam Seblat memiliki luas tidak kurang dari 323 ribu ha. 49%-nya telah menjadi hutan lahan kering sekunder dan 29% telah beralih fungsi menjadi non-hutan.

Baca Juga: Ketua Umum KBRI Dukung Penuh Timnas Indonesia untuk Ikuti Kualifikasi Piala Asia 2023, Suporter Membludak

Selain temuan tersebut, pada September 2021, tim juga menemukan sekira 100 ha hutan di kawasan HP Air Rami diduga milik beberapa oknum kepala desa di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Tim patroli di lapangan juga menemukan ratusan polibag bibit sawit siap tanam di sekitar area yang dirambah di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Air Ipuh I.

Menurut Iswadi, hampir setiap patroli kolaboratif ditemukan perambahan baru di wilayah habitat gajah Sumatera.

Temuan tersebut telah dilaporkan ke pihak yang bertanggungjawab, namun sampai saat ini belum ada tindakan yang berarti.

"Sementara pembukaan lahan baru semakin tidak terbendung yang akan membuat gajah di Bentang alam Seblat semakin terancam," kata Direktur Lingkar Inisiatif ini.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x