Lima Ruas Tol Siap Uji Coba MLFF

- 10 Juni 2022, 11:18 WIB
Ilustrasi jalan tol
Ilustrasi jalan tol /Twitter @KemenPU

PRIANGANTIMURNEWS- Multi Lane Free Flow (MLFF) siap diuji cobakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di lima ruas jalan tol.

Dikutip dari Antara, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit ke lima ruas tol yang akan diuji cobakan merupakan 80 persen dari trafik seluruh jalan tol di Indonesia.

"Kelima tol yang akan dilakukan uji coba adalah Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong)," katanya.

Baca Juga: Atalia Praratya Tak Kuasa Menahan Tangis Saat Video Call dengan Kang Emil Usai Memandikan Jenazah Erill

Menurutnya, implementasi Multi Lane Free Flow akan di mulai pada akhir tahun ini. Sementara pemberlakuan penuh di semua ruas jalan tol akan di mulai pada tahun 2023 atau 2024. Artinya, pemberlakuan MLFF tidak dilakukan secara serentak.

Danang menjelaskan, pada tahap uji coba ini, evaluasi akan dilakukan berdasarkan tingkat keberhasilan sistem untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Sistem transaksi nontunai berbasis MLFF menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektivitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di Indonesia.

Baca Juga: Anies Salut Wayang Orang Bharata Masih Bertahan

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di ponsel pintar atau smartphone.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x