21 Juni: Mengenang Wafatnya Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno; Dan Sejarah Pendidikannya

- 21 Juni 2022, 11:27 WIB
Potret Presiden Pertama RI, Ir Soekarno./Instagram/@bungkarno_ //
Potret Presiden Pertama RI, Ir Soekarno./Instagram/@bungkarno_ // /

PRIANGANTIMURNEWS- Hari ini Selasa tanggal 21 Juni 2022 bertepatan dengan hari dimana wafatnya sang Proklamator bangsa. Yang mempersatukan suku, ras dan agama di Indonesia yaitu Ir Soekarno yang wafat pada tahun 1970.

Presiden Pertama Republik Indonesia yang biasa disapa dengan sebutan Bung Karno diketahui, mengalami penurunan kesehatan sejak bulan Agustus 1965. Dan dia menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu tanggal 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) kota Jakarta.

Yang perlu diketahui bahwa Ir Soekarno itu lahir di Kota Surabaya. Lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibu bernama Ida Ayu. Bung Karno memiliki panggilan semasa kecil yaitu Koesno Sosrodihardjo. Pada waktu kecil Soekarno diasuh dan dirawat oleh kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo.

Baca Juga: VIRAL! Grup Kasidah Moderen 'Nasida Ria' Tampil di Festifal Seni di Jerman

Di sanalah Ir Soekarno mengenyam pendidikan Sekolah Rakyat (SR) itu setingkat dengan sekolah dasar. Akan tetapi dia tidak sampai tamat. Bung Karno adalah sosok yang berpengaruh dalam sejarah, dia berperan penting dalam pembacaan teks proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Lantas dia mendapat gelar sebagai Bapak Proklamator.

Pada masa mudanya dia kembali kepada orang tuanya di Mojokerto. Dia langsung mengenyam pendidikan di Eerste Inlandse School yang pada saat itu dikepalai langsung oleh Ayah Soekarno sendiri. Dan pada saat itu juga Bung Karno mengganti nama aslinya dari Koesno ke Soekarno.

Kemudian Pada tahun 1911, Soekarno pindah ke Europeesche Lagere School (ELS). Sekolah setingkat SD sebelum nantinya akan masuk ke Hogere Burger School (HBS) yang terletak di Kota Surabaya pada saat itu.

Baca Juga: Seorang Perempuan Jadi Korban Pelecehan di Kereta Api, Pria Itu Meraba-raba Bagian Ini ...

Bung Karno masuk pada tahun 1915 dan tinggal bersama Haji Oemar Said (H.O.S) Tjokroaminoto yang merupakan pendiri Sarekat Islam. Dari sinilah Ir Soekarno mengenal dunia perjuangan. Yang mendongkrak semangatnya dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: TVone


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x