Mendag Zulkifli Hasan Targetkan Digitalisasi Seribu Pasar Tradisional dan 1 Juta UMKM

- 25 Juli 2022, 21:57 WIB
     Mendag Zulkifli Hasan dalam acara Implementasu Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Sistem Pembayaran Dan Distribusi di Pasar Cicalengka/setkab.go.id
  Mendag Zulkifli Hasan dalam acara Implementasu Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Sistem Pembayaran Dan Distribusi di Pasar Cicalengka/setkab.go.id /

PRIANGANTIMURNEWS - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan satu juta pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Digitalisasi pasar bertujuan agar pasar-pasar rakyat memiliki lokapasar (marketplace) dan platform menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia.

"Digitalisasi pasar juga akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi,” ujar Menteri Perdagangan Zulkfili Hasan.

Baca Juga: Kasus Subang Terbaru: Lima Misteri Dalam Kasus Rajapati Subang, Tidak Ada Kejelasannya?

Menurutnya, dengan jumlah UMKM lebih dari 64 juta Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.

Namun demikian, diharapkan digitalisasi pasar jangan sampai berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan.

Mendag menyebutkan, pihaknya bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dengan pelaku UMKM dan berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERBARU: Tabiat Yosep dalam Perkara Pembunuhan Ibu dan Anak Ini Sudah Terungkap!?

Di antaranya dengan Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x