Lolosnya Jenderal Nasution Membuat Para Pimpinan G30S PKI Kalut dan Loyo!

- 24 September 2022, 11:00 WIB
Potret Jenderal AH Nasution dan Presiden RI Soekarno
Potret Jenderal AH Nasution dan Presiden RI Soekarno /Instagram @soekarnoku/

PRIANGANTIMURNEWS - Lolosnya Jenderal Nasution membuat para pimpinan G30S PKI kalut dan loyo, begitulah suasana yang terjadi usai peristiwa berdarah penculikan sejumlah Jenderal pimpinan teras angkatan darat yang meletus pada tanggal 1 Oktober 1965.

Dikutip priangantimurnews.com dari Youtube Matahati Pemuda, Pada tanggal 1 Oktober tahun 1965 setelah pecah pemberontakan G30S yang disusunnya Jenderal Nasution yang dimaksud adalah Menko Hankam rangkap Kepala Staf Angkatan Bersenjata ketika itu.

Kala itu Jenderal Nasution adalah salah satu Jenderal senior di TNI mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu jadi salah satu Jenderal yang masuk dalam daftar bikin kelompok G30S PKI.

Tapi kemudian Jenderal Nasution lolos dari upaya penculikan dengan melompati tembok kemudian sembunyi di pekarangan kelompok penculik hanya berhasil membawa Lettu Pierre Andreas Tendean salah satu ajudan Jenderal Nasution yang disangka Nasution.

Baca Juga: PENYIKSAAN MENGERIKAN! Trauma Seumur Hidup Sulemi Mantan Prajurit Cakrabirawa!

Tidak hanya itu dalam peristiwa penculikan itu Ade Irma Suryani salah satu Putri Jenderal Nasution tertembak setelah sempat dirawat di RS PHD Ade Irma meninggal dunia.

Begitu diketahui Jendral Nasution lolos para pentolan G30S panik setelah itu sempat dilakukan upaya pencarian terhadap Nasution yang lolos tersebut dengan maksud setelah itu dihabisi Kolonel Abdul Latif.

Salah satu pentolan G30S PKI sempat mencari Nasution ke rumah sakit rumah sakit yang ada di Jakarta tapi usahanya nihil Sang Jenderal tak juga ditemukan Letkol Untung Syamsuri komandan gerakan 30 September sempat memerintahkan anak buahnya di Cakrabirawa dan Yon 454 untuk mencari Nasution.

Tapi anggota Yon 454 yang ketika itu berjaga di kawasan Monas yang ditugaskan cari Nasution tak tahu letak persis Dimana rumah Nasution apalagi ketika itu rumah Nasution sudah didatangi Pangdam Jaya Brigjen Umar Wirahadikusumah yang langsung menempatkan anak buahnya di sana.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Youtube Matahati Pemuda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x