Sedia Payung di Tahun Baru 2023, Jabodetabek dan Jawa Barat Siap-Siap di Guyur Hujan Bukan Badai

- 28 Desember 2022, 09:38 WIB
BMKG meramalkan bahwa tahun 2023 wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat akan diguyur hujan lebat hingga badai.
BMKG meramalkan bahwa tahun 2023 wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat akan diguyur hujan lebat hingga badai. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat akan terjadi hujan ekstrim namun bukan berupa badai. Untuk tanggal 28 Desember 2022 pun intensitasnya masih berupa hujan ringan.

Guswanto, deputi Meteorologi BMKG berpesan agar semua pihak berhati-hati dalam penggunaan istilah badai, dan memastikan itu berbeda dengan hujan ekstrem.

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio Hari Ini 28 Desember 2022, Cobalah untuk Berinovasi dalam Bisnis

Namun, diprediksi akan semakin lebat menjelang tanggal 30 sampai awal tahun baru Januari 2023. Hal tersebut disampaikan oleh kepala Pusat Publik BMKG, Fachri Radjab.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," ucap Fachri Radjab.

Sebelumnya memang  diberitakan, oleh salah satu satu peneliti potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat terjadi pada 28 Desember 2022. Hal itu membuat sejumlah kegaduhan masyarakat yang khawatir akan bencana tersebut di media social.

Baca Juga: Wow! 2 Posisi Hubungan Intim Ini Akan Memudahkan Istri Hamil

Dwikorita menyampaikan keterangan terkait tanggal 28 Desember 2022 di Jabodetabek masih curah hujan masih dalam kategori aman yakni ringan atau sedang.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x