Warga Rohingya Kembali Terdampar di Aceh, Begini Awal Sejarah Rohingya di Indonesia

- 28 Desember 2022, 11:18 WIB
Ilustrasi pengungsi Rohingya ke Aceh.
Ilustrasi pengungsi Rohingya ke Aceh. /Pixel/

PRIANGANTIMURNEWS- Pekan ini, warga Aceh kembali diramaikan dengan pemberitaan dan kedatangan kembali ratusan orang-orang Rohingya yang terombang ambing di laut lepas setelah melarikan diri dari negara asalnya di Myanmar, dilansir dari antaranews.com.

Pemberitaan terbaru menyampaikan bahwa terdapat dua wilayah di mana warga Rohingya berlabuh, yakni di Pesisir Desa Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar pada Minggu, 25 Desember 2022 dengan muatan 57 pengungsi.

Sementara untuk keesokan harinya Senin, 26 Desember 2022, tiba di pesisir Desa Ujung Pie, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie dengan muatan 174 pengungsi. Dengan ini total pengungsi baru rohingya di Aceh adalah 231 pengungsi.

Baca Juga: Waspada, BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Akhir Tahun 2022 Sampai Awal Tahun 2023, Ini Penjelasannya

Sejarah Rohingya sendiri erat kaitannya dengan bangsa Indo-Arya yang berada di India dan Bangladesh dan memiliki bahasa yang mirip. Mereka adalah orang-orang Rakhie yang berasal dari Myanmar.

Militer Myanmar melancarkan kampanye pembantaian etnis tersebut yang menewaskan hingga 7.000 orang Rohingya dalam satu bulan dan memaksa 700.000 orang lainnya untuk mengungsi ke perbatasan Bangladesh.

Oprasi tersebut terus dilancarkan bertahun-tahun oleh Myanmar, menurut dokumen militer yang ditemukan olek Komisi Keadilan dan Pertanggungjawaban Internasional. Penderitaannya tersebut membuat media Internasional menyebut mereka sebagai etnis paling teraniaya di Dunia.

Baca Juga: 490 Wisatawan yang Terjebak di Karimunjawa Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Bukannya mendapat perlakuan baik dari Bangladesh. Justru warga Rohingya malah menjadi objek perdagangan manusia dan bahkan diasingkan ke salah satu pulau terpencil. Ribuan lainnya tersebar di India, Pakistan, Malaysia, Amerika, Australia, Indonesia dan negara lain.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x