Alasan Menparekraf Sandiaga Uno Mengusulkan Hari Kejepit Dijadikan Hari Libur, Bisakah Terealisasi?

- 9 Januari 2023, 15:55 WIB
Potret Sandiaga Uno
Potret Sandiaga Uno /dok. Kemenparekraf/

PRIANGANTIMURNEWS – Cuitan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno, di Twitter pribadinya baru-baru ini viral di sosial media.

Sang Menteri memberi usulan agar Harpitnas atau Hari Kejepit Nasional dimanfaatkan menjadi hari libur, Harpitnas adalah kondisi dimana terdapat satu hari yang tidak libur di antara hari libur.

Seperti contoh, tanggal merah di hari Kamis tapi di hari setelahnya, Jumat, masyarakat harus kembali menjalani rutinitas seperti bekerja, sekolah atau kuliah.

Padahal di hari Sabtu dan Minggu mereka kembali libur, nah hari Jumat itu disebut hari kejepit.

Baca Juga: Heboh! Venna Melinda Laporkan Ferry Irawan Ke Polisi Diduga Lakukan KDRT! Benarkah? Cek Faktanya

Hal itulah yang menjadi usulan dan keresahan mantan wakil Gubernur DKI tersebut. Menurutnya, dengan memanfaatkan Harpitnas menjadi hari libur, maka destinasi wisata akan dipenuhi oleh masyarakat.

“Kalau liburan nasional jatuh pada akhir pekan, ini harus ada kompensasinya. Entah itu dibayar gajinya atau Seninnya libur gitu. Iya Senin atau Jumatnya,“ ujar Sandiago Uno.

Selain itu, sektor UMKM akan semakin menggeliat, lapangan kerja dan peluang usaha tercipta sebanyak-banyaknya. Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, libur dan kerja haruslah seimbang, banyak riset yang menjelaskan memperbanyak liburan bisa memacu masyarakat agar lebih produktif.

“saya rasa kerja dan liburan itu harus seimbang. Sekedar istirahat di rumah atau mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar tempat tinggal, bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi hari libur di harpitnas, “tulis Sandiaga Uno lewat cuitan Twitternya.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Twitter Sandiaga Uno.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x