Daftar Pelanggaran Ham Berat di Indonesia yang Diakui dan Disesalkan Presiden Jokowi,Tragedi Besar Tak Disebut

- 13 Januari 2023, 16:41 WIB
Potret Presiden Jokowi
Potret Presiden Jokowi /

PRIANGANTIMURNEWS - Pada hari Rabu, 11 Januari 2023 di Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjumpa dengan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat Masa Lalu (PPHAM).

Dalam pertemuan itu, Tim PPHAM menyerahkan laporan tentang pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia ke Presiden. Tim PPHAM sendiri merupakan bentukan Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden No. 17 Tahun 2022. Tujuannya untuk pengungkapan peristiwa pelanggaran HAM di masa lalu.

Dalam keterangannya persnya setelah membaca laporan Tim PPHM, Presiden Jokowi mengungkapkan, dirinya telah membaca dengan seksama laporan dari Tim PPHAM dan mengakui adanya pelanggaran HAM berat yang terjadi pada berbagai peristiwa di Indonesia.

Baca Juga: Pengumuman PPPK 2022, Sudah Dibuka! Cek Hasil Seleksi Administrasi

“Dengan pikiran yang jernih dan hati yang tulus, saya sebagai Kepala Negara Republik Indonesia mengakui bahwa pelanggaran hak asasi manusia yang berat memang terjadi di berbagai peristiwa,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi menambahkan, pemerintah akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM yang berat pada masa yang akan datang.

“Saya dan pemerintah berupaya sungguh-sungguh agar pelanggaran hak asasi manusia yang berat tidak akan terjadi lagi di Indonesia pada masa yang akan datang,” ujar Presiden.

Presiden juga menguraikan sejumlah pelanggaran HAM berat di sejumlah peristiwa yang pernah terjadi. Setidaknya ada 12 peristiwa pelanggaran hak asasi manusia berat masa lalu yang disesalkan oleh Jokowi, yaitu:

Baca Juga: Alasan Laga Persib Bandung Vs Bhayangkara FC Diundur Satu Hari, Ini kata Teddy Tjahjono

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: setneg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x