Seorang Pria ODGJ Membakar Masjid di Garut, Alasannya Merasa Kedinginan

- 24 Januari 2023, 13:28 WIB
Ilustrasi kebakaran./pixabay
Ilustrasi kebakaran./pixabay /


PRIANGANTIMURNEWS - Kembali lagi, orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) menyerang sebuah masjid. Kali ini, seorang ODGJ membakar sebuah masjid di Kabupaten Garut, pada Minggu, 22 Januari 2023 sekitar pukul 23.00 WIB.

Pelaku berinisial E (29 tahun) membakar Masjid Jami Al-Hidayah yang ada di Kampung Nagrog, Desa Lembang, Kecamatan Leles, Garut.

Saat itu, warga setempat yang sedang tidur tiba-tiba dikejutkan mendengar suara letusan dan api yang berkobar dari dalam masjid.

Baca Juga: Kawasan Hunian Sering Diterjang Gempa, Inilah 10 Pondasi Rumah Tahan Guncangan

Para warga berusaha memadamkan api dan menyelamatkan barang yang tersisa di dalam masjid.

Sedangkan pelaku yang merupakan ODGJ itu berhasil diamankan warga dan diserahkan ke pihak berwajib. Masjid yang dibakar berada di tengah tengah perkampungan setempat.  

Akibat dari kebakaran tersebut seluruh fasilitas masjid hangus dilalap si jago merah termasuk sejumlah Al Quran yang disimpan di dalamnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, pelaku tersebut dipastikan mengidap kelainan jiwa yang dikuatkan oleh hasil rekam medis dari rumah sakit jiwa. Ia menyebut, pelaku sudah tiga kali keluar masuk rumah sakit jiwa.

Baca Juga: Pembakaran Al Qur'an di Swedia Membuat Umat Muslim Dunia Murka, KH Aminudin Bustomi: Ini Tindakan Biadab!

Ternyata punya rekam medis tiga kali rumah sakit jiwa, kita antarkan ke rumah sakit jiwa, ujar Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan Kepolisian, Kapolres menyampaikan motif pelaku membakar masjid karena kedinginan saat berada di dalam masjid, kemudian si pelaku mencoba untuk menghangatkan badan dengan cara membakar sesuatu.

Dia bilang kedinginan dalam masjid, ujarnya. AKBP Rio Wahyu juga menegaskan aksi bakar di dalam masjid itu murni karena perbuatan ODGJ, tidak ada unsur kesengajaan lainnya.

Setelah kejadian pembakaran tersebut, masyarakat sekitar dibantu pihak kepolisian, TNI dan pemerintah setempat membersihkan material bangunan masjid yang terbakar.

Baca Juga: Persebaya vs Bhayangkara 2-1, Paulo Victor Jadi Penyelamat Kemenangan Bajul Ijo

Masjid tersebut akan segera diperbaiki agar bisa digunakan kembali untuk aktivitas beribadah seperti biasanya. Selama proses perbaikan, warga akan menggunakan bangunan sementara yang tidak jauh dari lokasi. ***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x