Dinkes Kabupaten Garut Pastikan Stok Vaksin COVID-19 Cukup Penuhi Kebutuhan Vaksinasi Warga

- 25 Januari 2023, 13:45 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /Pixabay/


PRIANGANTIMURNEWS - Dalam upaya memberantas Covid-19 pemerintah mengeluarkan anjuran untuk vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Di Kabupaten Garut sendiri, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut memastikan stok vaksin Covid-19 aman dan cukup untuk pelaksanaan vaksinasi.

Diperkirakan sebanyak 3.000 dosis aman dan cukup untuk vaksinasi di setiap Puskesmas maupun di Pendopo Pemkab Garut.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Sebuah Dump Truk Tabrak Patung Bima dan Bus Karyawan PT Indorama di Ciganea Purwakarta

Dikutip Priangantimurnews.com dari ANTARA pada 25 Januari 2023, diketahui bahwa hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani, Senin, 23 Januari 2023.

Ketersediaan vaksin aman,  kurang lebih masih tersedia tiga ribu dosis, kata Leli Yuliani.

Selanjutnya ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut sudah tersebar di 67 puskesmas yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi pertama, kedua maupun penguat.

Menurutnya ketersediaan vaksin Covid-19 itu dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Menjelang Start Fase Kelima MCU Kevin Feige: Penonton Tak akan Bosan dengan Superhero

Jika habis maka secepatnya akan diusulkan untuk dipasok kembali oleh pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Meskipun dinilai cukup, namun saat ini Leli mengungkapnya bahwa antusias warga dinilai masih kurang. Tercatat dalam sepekan hanya sekitar 300 orang yang mengikuti vaksinasi.

Ia juga menyampaikan Dinkes Garut berupaya menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan memberikan kemudahan akses seperti membuka gerai vaksinasi saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu di Pendopo Pemkab Garut.

Untuk itu, pihaknya menggandeng sejumlah instansi swasta untuk menyiapkan hadiah atau makanan ringan agar masyarakat terdorong  untuk mau divaksin.

Baca Juga: Marak Pelecehan Seksual terhadap Anak, Orang Tua Harus Ajarkan PANTS Sejak Dini

Kami juga memberikan beberapa door prize atau snack bagi warga yang mau divaksin dengan menggandeng pihak swasta untuk partisipasi, katanya.

Dalam daftar Dina Kesehatan Kabupaten Garut, tercatat capaian vaksinasi penguat masih rendah, dimana untuk vaksin penguat pertama sudah 52 persen, dan penguat kedua masih 2,8 persen.

Capaian tersebut masih jauh dari jumlah sasaran vaksin di Garut sebanyak 1,9 juta jiwa.

Sementara dalam hal kondisi penyebaran Covid-19 di Garut, menurutnya saat ini dilaporkan aman, meski begitu tetap selalu menjaga protokol kesehatan dan divaksin. Kondisi Covid-19 di Garut aman, pandemi terkendali, jelasnya.***

Baca Juga: Menjelang Start Fase Kelima MCU Kevin Feige: Penonton Tak akan Bosan dengan Superhero

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x