9500 Santri dan Santriyah Akan Mengikuti Peragaan Manasik Haji yang Diselenggarakan Oleh FKDT Kota Tasikmalaya

- 24 Februari 2023, 19:51 WIB
Ketua FKDT Kota Tasikmalaya Drs. Ahmad Sapei, M.Pd./Ade Advian Achmad/Priangan timur news/PRMN/
Ketua FKDT Kota Tasikmalaya Drs. Ahmad Sapei, M.Pd./Ade Advian Achmad/Priangan timur news/PRMN/ /


PRIANGANTIMURNEWS - Dalam upaya menanamkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT kepada anak-anak MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah).

Terutama dalam menumbuhkan pengetahuan  mengenai Rukun Islam yang ke lima yakni melaksanakan Ibadah Haji, FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Kota Tasikmalaya besok Sabtu, 25 Februari 2023 akan mengadakan kegiatan peragaan manasik haji.

Peragaan manasik haji ini dikhususkan untuk santri dan santriyah Madrasah DTA Kelas 6.

Baca Juga: Sejarah Konflik Palestina dan Israel, Konflik Entitas Bukan Teritorial

Hal ini diungkapkan oleh Ketua FKDT Kota Tasikmalaya Drs. Ahmad Sapei, M.Pd kepada Priangantimurnews.com melalui pesan elektronik pada Jum'at sore, 24 Februari 2023.

Peragaan Manasik Haji menurut Ahmad Sapei merupakan kegiatan yang akan dilakukan oleh seluruh santri dan santriyah kelas 6 yang akan mengikuti ujian tahun 2023 yang mana dalam ujian tersebut ada ujian praktek ibadah yakni Peragaan Manasik Haji.

"Acara peragaan manasik haji besok Sabtu, 25 Februari akan diikuti tidak kurang dari 9500 santri santriyah dari seluruh kecamatan yang berada di Kota Tasikmalaya" ujar Ahmad Sapei.

Lebih lanjut, Ahmad Sapei menyampaikan bahwa yang menjadi panitia dari acara peragaan manasik haji ini adalah seluruh pengurus FKDT mulai dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan.

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Copot Jabatan Rafael Alun Trisambodo, Ayah Pelaku Penganiayaan Anak PP GP Ansor

Acara peragaan manasik haji Sabtu besok akan dilaksanakan di halaman Bale Kota Jalan Letjen. Harun.

Masih menurut Ahmad Sapei acara akan dilaksanakan dalam satu hari mulai pukul 8:00 WIB sampai selesai.

Kegiatan Peragaan Manasik Haji ini diapresiasi juga oleh Ketua MUI Kecamatan Cipedes KH. Dudung Abdul Fatah. Menurutnya kegiatan Peragaan Manasik Haji ini disamping mengenalkan nilai-nilai agama khususnya ibadah haji kepada para santri dan Santi yah juga untuk menjalin ukhuwah Islamiyah.

"Kegiatan yang akan dilaksanakan besok Sabtu, santri dan santriyah di tanamkan nilai-nilai agama dan juga sebagai bentuk menjalin ukhuwah Islamiyah antara santri, guru dan peserta lainnya" ujar KH. Dudung.

Baca Juga: Sunah-Sunah Nabi Untuk Menghidupkan Waktu Malam dan Siang di Hari Jum'at Menurut Ustadz Adi Hidayat

Sementara itu Kepala Sekolah Agama Rahmatullah Bumi Resik Panglayungan H.Haerusalik, S.Pd.i juga mengapresiasi kegiatan peragaan manasik haji ini.

"Acara ini sangat bagus. Hal ini sebagai pengenalan rukun Islam yang ke lima kepada santri dan santriyah. Karena rukun ibadah haji merupakan penyempurnaan ke Islaman seseorang" ujar Haerusalik.

Dalam acara Sabtu besok Sekolah Agama Rahmatullah  juga akan mengirimkan  santri santriyah kelas 6 sebagai peserta.

Dengan adanya kegiatan peragaan atau praktek Manasik Haji ini diharapkan santri santriyah akan semakin mengenal tata cara beribadah haji.

Baca Juga: Prediksi Bournemouth vs Manchester City di Liga Premier Inggris: Pratinjau, Jadwal, H2H, Skor

Dari mengenal kemudian mereka mempunyai niat dan tekad yang kuat untuk melaksanakan ibadah haji ketika mereka sudah mampu melaksanakannya.***

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x