Lempeng Sangihe di Sulteng Bergerak, Gempa Bumi Berskala 5,5 Magnitudo Pun Terjadi

- 28 Maret 2023, 13:56 WIB
Pusat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 berlokasi di wilayah pantai timur laut Banggai, Sulawesi Tengah terjadi pada hari Selasa, 28 Maret 2023 pukul 11:19 WIB.
Pusat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 berlokasi di wilayah pantai timur laut Banggai, Sulawesi Tengah terjadi pada hari Selasa, 28 Maret 2023 pukul 11:19 WIB. /infobmkg/

PRIANGANTIMUERNEWS - Lempeng Sanghine di Sulawesi Tengah mengalami pergerakan berupa deformasi batuan dalam, dan sebabkan gempa bumi.

Guncangan gempa tersebut memiliki skala 5,5 magnitudo  yang berpusat di daerah pantai timur laut Banggai, Sulawesi Tengah.

Dalam laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bencana tersebut terjadi pada pukul 11:19 WIB pada hari Selasa, 28 Maret 2023.

Baca Juga: Wow Ditjen Keimigrasian RI Jalin Kerjasama Dengan DHA Australia

Dalam keterangan lebih lanjut deformasi batuan dalam tersebut terjadi di wilayah perairan dengan titik koordinat 0,43 lintang selatan dan 123,57 bujur timur.

Berlokasi di dalam laut dengan jarak 30 kilometer dari timur laut Bualemo, banggai, Sulawesi Tengah dengan kedalaman mencapai 65 kilometer.

Laporan lengkap tersebut disampaikan oleh Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG di Jakarta pada Senin, 28 Maret 2023.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya," ungkap Daryono.

Baca Juga: Harus Bayar Qadha! Lupa Sudah Berapa Jumlah Utang Puasa, Simak Penjelasan Buya Yahya

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: InfoBMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x