Terobos Palang Pintu Perlintasan, KAI Jember Diproses hukum Sopir Truk

- 21 Juli 2023, 08:30 WIB
 Truk kontainer menerobos palang pintu perlintasan dan berada di jalur rel kereta api saat KA Logawa melaju di jalur rel tersebut di Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Kamis 20 Juli 2023. (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)
Truk kontainer menerobos palang pintu perlintasan dan berada di jalur rel kereta api saat KA Logawa melaju di jalur rel tersebut di Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Kamis 20 Juli 2023. (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember) /

PRIANGANTIMURNEWS- Kecelakaan truk tertabrak Kereta Api nyaris terjadi di Jember. Truk kontainer tanpa muatan nekat menerobos palang pintu KA.

Beruntung saat itu, petugas jaga palang pintu KA sigap dan langsung menyetop Kereta Api jurusan Jember-Purwokerya yang baru berangkat.

Namun akibat tindakan ceroboh itu,
PT Kereta Api Indonesia(KAI) Daerah Operasi 9 Jember memproses hukum sopir truk kontainer yang nyaris tertabrak KA Logawa relasi Jember-Purwokerto.

Baca Juga: Sempat Ada Suara Ledakan, KA Brantas Tabrak Truk Trailer di Perlintasan Madukoro Semarang

Karena sopir truk itu menerobos palang pintu perlintasan kereta api sehingga insiden di Semarang nyaris terulang di Jember.

"Memang benar truk kontainer berhenti di dalam perlintasan dengan posisi yang sangat dekat dengan laju kereta api, itu terjadi Kamis ini pukul 06.30 WIB di perlintasan nomor 125 petak jalan antara Stasiun Rambipuji – Bangsalsari," kata Pelaksana Harian Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo di Kabupaten Jember, Jawa Timu Kamis 20 Juli 2023.

Pada saat petugas penjaga pintu perlintasan sedang menutup palang pintu karena KA Logawa relasi Jember tujuan Purwokerto yang baru saja diberangkatkan dari Stasiun Rambipuji akan melintas, tiba-tiba ada truk kontainer mencoba untuk menerobos palang pintu perlintasan yang mengakibatkan palang pintu perlintasan patah dan truk berhenti di tengah rel.

Baca Juga: Toyota Cayla Tabrak Sepeda Motor di Sukabumi, Pengendara Tewas akibat Luka Parah

"Melihat kondisi tersebut, petugas penjaga perlintasan segera berlari menuju arah datangnya kereta api sambil memperlihatkan semboyan kepada masinis untuk menghentikan kereta apinya," tuturnya.

Setelah KA Logawa berhenti, lanjut dia, petugas penjaga pintu perlintasan memerintahkan sopir truk untuk membebaskan kendaraan truk kontainer yang dibawanya dari jalur kereta api.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x