Siapa Cawapres Anies Tinggal Nunggu Waktu Tepat, AHY: Harus Bawa Kans Kemenangan

- 20 Juli 2023, 18:51 WIB
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berbicara dalam Fisipol Leadership Forum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis 20 Juli 2023 (ANTARA/Luqman Hakim)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berbicara dalam Fisipol Leadership Forum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis 20 Juli 2023 (ANTARA/Luqman Hakim) /

PRIANGANTIMURNEWS - Jelang pemilu  sudah ada tiga calon presiden yakni Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Anies Baswedan diusung oleh partai koalisi Partai Demokrat, PKS dan Nasdem. Ganjar Pranowo diusung oleh PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto oleh Gerindra.

Namun sampai saat ini ketiga capres tersebut belum memiliki pasangan calon wakil presiden.

Baca Juga: Pengurus dan Bacaleg Demokrat Kota Tasikmalaya Nobar Pidato Politik AHY

Terkait dengan cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Anies Baswedan harus memenuhi kriteria bisa membawa peluang (kans) kemenangan lebih tinggi pada Pilpres 2024.

"Tentu harus memenuhi sejumlah kriteria. Kriteria yang dianggap bisa membawa kans kemenangan yang lebih tinggi dalam Pemilihan Presiden 2024," kata AHY usai menghadiri Fisipol Leadership Forum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis 20 Juli 2023.

Terkait sosok bacawapres itu, Putra Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan kepada Anies Baswedan sesuai piagam kesepakatan yang telah ditandatangani tiga partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Baca Juga: Akhirnya Puan Maharani dan AHY Bertemu, Ini Pesan dari SBY dan Megawati!

Termasuk apakah dirinya berpeluang menjadi bacawapres Anies, menurut AHY sepenuhnya akan ditentukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Sebetulnya terkait usulan atau wacana tentang cawapres sudah final dalam arti tiga partai politik Demokrat, PKS, dan NasDem bersepakat sudah kami tanda tangani yang namanya piagam kesepakatan di mana salah satu pasal paling penting adalah menyerahkan kepada Capres Mas Anies Baswedan untuk menentukan sendiri cawapresnya," kata dia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x