Perjalanan Karir Agus Subiyanto, Sang Jenderal dalam Lingkaran Dekat Presiden Jokowi

- 26 Oktober 2023, 12:06 WIB
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat kepada KSAD TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta/ANTARA
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat kepada KSAD TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta/ANTARA /

PRIANGANTIMURNEWS - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara resmi melantik Letjen TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu 25 Oktober 2023.

Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan segera memasuki masa pensiun pada tanggal 19 November 2023.

Seiring dengan pelantikan tersebut, Agus Subiyanto juga melepaskan jabatan sebelumnya sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), yang telah diembannya sejak 4 Februari 2022.

Baca Juga: Persidangan Kasus Dugaan Korupsi di Basarnas Tidak Ada yang Ditutup-tutupi, Panglima TNI: Terbuka untuk Umum

Selama pelantikan, Agus juga diberi satu bintang baru di pundaknya, menandai kenaikan pangkatnya sebagai seorang jenderal.

Letjen TNI Agus Subiyanto berasal dari Cimahi, Jawa Barat, dan ia lahir pada tanggal 5 Agustus 1967 di lingkungan keluarga militer. Ayahnya adalah seorang pensiunan TNI dengan pangkat terakhir sebagai sersan kepala.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah nya di Cimahi, Agus melanjutkan pendidikan menengah atas di Bandung antara tahun 1983 hingga 1986. Dia kemudian berhasil lulus seleksi untuk masuk ke Akademi Militer (Akmil) dan menyelesaikan penyelesaiannya pada tahun 1991.

Baca Juga: Kronologi Anggota TNI Dikeroyok Delapan Orang Gara-gara Sepeda Motor Bersenggolan

Dapat diberitakan, Agus Subiyanto memilih untuk bergabung dengan cabang Infanteri dan mulai membangun karir militernya sebagai perwira pertama di Korps Baret Merah (Kopasus).

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x