Waspada! Kasus Cacar Monyet di Indonesia Meningkat

- 27 Oktober 2023, 09:42 WIB
DPR RI Minta Vaksinasi cacar monyet diperluas lagi.
DPR RI Minta Vaksinasi cacar monyet diperluas lagi. /Instagram/@netty_heryawan/

PRIANGANTIMURNEWS - Meningkatnya kasus penyakit cacar monyet (monkeypox) menjadi 10 kasus di Indonesia, hal tersebut berdasarkan data per tanggal 24 Oktober 2023.

Untuk mengatasi kasus cacar monyet harus dijawab dengan perluasan kebijakan vaksinasi kepada mereka yang berisiko tinggi.

"Ditemukannya 10 pasien terkena cacar monyet di Jakarta harus ditindaklanjuti dengan kebijakan  perluasan vaksinasi," kata Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher Jumat 27 Oktober 2023.

Baca Juga: Netty: Minta Pulihkan Kondisi Trauma Anak-Anak di Rempang

Vaksinasi harus dilakukan hingga ke wilayah sekitarnya seperti Banten dan Jawa Barat, terutama kepada mereka yang berisiko tinggi.

Diketahui, penyakit cacar monyet memiliki gejala sakit kepala hebat, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri otot dan munculnya lesi cacar berupa benjolan berisi air atau nanah di seluruh tubuh.

Kemenkes, kata Wakil Ketua FPKS DPR RI ini,  harus menjadikan daerah seputar Jakarta sebagai prioritas surveilans dan vaksinasi agar penyakit tersebut bisa dilokalisir. 

Baca Juga: Netty: Kurban Bisa Jadi Inspirasi untuk Penurunan Stunting

"Daerah-daerah tersebut memiliki jarak dan akses yang berdekatan dengan Jakarta. Mobilitas penduduk antar daerah tersebut juga terbilang tinggi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @netty_heryawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x