Miris! Bansos Berasal Uang Rakyat Dijadikan Instrumen Meraup Suara

- 15 Desember 2023, 06:09 WIB
Ilustrasi diduga bantuan sosial sumber dari uang rakyat dijadikan instrumen kampanye no 2.
Ilustrasi diduga bantuan sosial sumber dari uang rakyat dijadikan instrumen kampanye no 2. /

PRIANGANTIMURNEWS - Rakyat Indonesia memang tidak semua paham asal usul bantuan sosial, terutama bagi rakyat yang berada jauh dari keramaian dan tidak melek teknologi.

Ketidak tahuan mereka pun kraf kali banyak yang memanfaatkan terutama oleh sebagian para pemangku kepentingan politik, dan itu menjadi target untuk menarik simpati rakyat.

Pedahal bantuan sosial (bansos) adalah murni telah menjadi program pemerintah. Namun di tengah pemilu dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan elektoral. 

Baca Juga: Duh Parah Nih! 23 Ribu ASN Terdaftar sebagai Penerima Bansos

Hal tersebut di manfaatkan oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkfili Hasan, yang berkampanye dengan narasi agar rakyat memilih Prabowo-Gibran agar bansos dan BLT berlanjut. 

Peneliti senior BRIN Prof. Lili Romli menilai kampanye seperti itu tidak etis. Alih-alih bagaimana agar rakyat makmur dan sejahtera sehingga tidak mengandalkan bansos, kampanye model ini justru ingin melestarikannya.

"Ini bisa dikatakan mereka ingin agar rakyat tetap miskin sehingga akar tergantung terus pada bansos. Ini bentuk politik populis yang salah kaprah," kata Lili Romli di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023.

Baca Juga: Alhamdulillah! 4.138 Warga Kelurahan Panglayungan Kota Tasikmalaya Terima Bansos Beras 10 Kilogram

Menurutnya, kampanye politik harusnya berfokus pada upaya menyejahterakan rakyat dengan seperti penciptaan lapangan usaha bagi rakyat.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x