Program Mudik Gratis 2024, Ratusan Unit Bus Dipersiapkan Pemprov DKI Jakarta

- 1 Maret 2024, 18:03 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat melepas truk pengangkut 281 sepeda motor pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu 16 April 2023/ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat melepas truk pengangkut 281 sepeda motor pemudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu 16 April 2023/ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur /

PRIANGANTIMURNEWS - Pada tahun 2024, Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Program Mudik Gratis dengan melibatkan ratusan unit bus untuk memfasilitasi arus mudik dan balik.

Heru Budi Hartono, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, mengumumkan pada tanggal 29 Februari 2024 bahwa program ini akan melibatkan 259 bus untuk arus mudik, 210 bus untuk arus balik, 13 truk buat ngangkut sepeda motor ketika mudik, dan 10 truk untuk arus balik.

Inisiatif ini merupakan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sebagai langkah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berencana mudik dan balik menggunakan layanan bus.

Baca Juga: Arus Mudik Nataru 2023-2024 Tampak Ramai Lancar di Pelabuhan Bakauheni-Merak

Dengan kapasitas hingga 27 ribu orang, program ini diharapkan dapat mengoptimalkan mobilitas masyarakat selama periode mudik dan balik.

Selain membantu meringankan beban masyarakat, agenda ini juga menjadi himbauan agar masyarakat DKI Jakarta menghindari bepergian jauh dengan membawa barang bawaan yang berlebih dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Dana sebesar Rp 13 miliar telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung agenda mudik serta balik Lebaran 2024 melalui angkutan umum yang disediakan secara gratis.

Baca Juga: Harus Dicatat! Berikut Nomor Penting Bagi Para Pemudik Untuk Menunjang Kelancaran saat Mudik Lebaran

"Setiap tahun kita alokasikan Rp 13 miliar. Tujuannya, pertama, untuk meringankan beban masyarakat. Kedua, sesuai himbauan dari Pak Kapolri dan Menhub (Menteri Perhubungan) agar menghindari penggunaan kendaraan roda dua," ungkap Heru.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x