Di Pulau Mansuar Raja Ampat Kapal Wisata The Oceanik Terbakar, 23 Penumpang Selamat

- 2 Maret 2024, 18:00 WIB
Kapal The Oceanik yang mengangkut 23 orang wisatawan terbakar di perairan Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat 1 Maret 2024 siang/ANTARA/HO-Basarnas Sorong
Kapal The Oceanik yang mengangkut 23 orang wisatawan terbakar di perairan Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat 1 Maret 2024 siang/ANTARA/HO-Basarnas Sorong /

PRIANGANTIMURNEWS - Pada Jumat 1 Maret 2024 sekitar pukul 13.15 WIT, sebuah Kapal wisata The Oceanik, tengah mengangkut penumpang 23 orang wisatawan, termasuk 10 wisatawan asing, dilaporkan mengalami kebakaran di sekitar wilayah perairan Aborek dengan Pulau Mansuar Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Amirudin AS, Kepala Basarnas (Badan SAR Nasional) Sorong, menginformasikan kejadian ini setelah menerima laporan dari seorang pegawai dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Sorong.

Polres Raja Ampat sedang melakukan pemeriksaan terhadap 8 ABK (Anak Buah Kapal) kapal The Oceanik untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi saat kapal tersebut berlayar di wilayah Perairan Aborek, Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Baca Juga: Satu Orang Tewas, Polisi Masih Selidiki Insiden Kebakaran Sumur Bor Minyak Ilegal di Batanghari

AKBP Edwin Parsaoran, Kapolres Raja Ampat, yang dihubungi pada tanggal 2 Maret 2024 dari Teminabuan, menyampaikan bahwa informasi dari nakhoda kapal  menyebutkan, bahwa kebakaran bermula dari area ruang mesin.

Edwin Parsaoran menjelaskan, bahwa informasi awal dari nakhoda akan diperinci selama pemeriksaan terhadap 8 ABK kapal tersebut.

Ia menambahkan bahwa kebakaran terjadi ketika salah seorang  ABK kapal The Oceanik tengah melakukan pengisian BBM (bahan bakar minyak) di ruangan mesin, kemudian ketika itu terjadi percikan api.

Baca Juga: Kapal Angkut LCT Bora C Hilang Setelah Menabrak Ombak Besar

Kapal pesiar dengan jenis pinisi tersebut membawa 23 orang, terdiri dari 10 wisatawan asing, 5 wisatawan Indonesia, serta 8 anak buah kapal.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x