Ini Pesan Joy, Anjing Viral yang Mau Memakai Masker dan Helm

- 17 Februari 2021, 07:42 WIB
Joy, anjing jenis Golden Retriever yang sempat viral di media sosial warga Kota Tasikmalaya, dibonceng pelatihnya Ariel Saputra (34). Gaya Joy yang bersedia memakai masker dan helm selalu menjadi pusat perhatian pengguna jalan.
Joy, anjing jenis Golden Retriever yang sempat viral di media sosial warga Kota Tasikmalaya, dibonceng pelatihnya Ariel Saputra (34). Gaya Joy yang bersedia memakai masker dan helm selalu menjadi pusat perhatian pengguna jalan. /Priangantimurnews Rommy Roosyana/

PRIANGANTIMURNEWS – Sejumlah pengguna media sosial di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, beberapa hari terakhir dihebohkan dengan viralnya seekor anjing jenis Golden Retriever yang diberi nama Joy.

Anjing peliharaan seorang pemilik toko sepatu ini bersedia dipakaikan masker dan helm saat dibonceng pelatihnya Ariel Saputra (34) dengan sepeda motor matik.

Anjing berwarna coklat keemasan ini bahkan tak pernah protes saat sang pelatih memakaikan kaca mata di helmnya.

Baca Juga: Caranya Jadi Anggota DPR RI dan Dapat Hak Imuitas, Fahri Hamzah: Hapus Aja UU ITE

Bagaimana cara melatih anjing supaya bisa jinak dan menjadi penurut? Ariel mengungkapkan, usia Joy saat ini dua tahun. Anjing jenis ini mulai stabil psikologis dan instingnya saat memasuki usia satu tahun. Sebelum usia satu tahun, Joy masih agak susah untuk dilatih karena psikologisnya masih relatif labil.

"Saat usia masih di bawah satu tahun, hanya mengajak bermain dan membangun hubungan emosional. Usia ini belum bisa dipaksa untuk menguasai skill tertentu," kata Ariel kepada Priangantimurnews.com Senin 15 Februari 2021.

Awal melatih Joy tambah Ariel, dimulai dengan menggunakan bahasa tubuh, yakni dengan cara menggerak-gerakkan tangan, tanpa ada perintah suara. Setelah menginjak usia setahun baru menggunakan suara.

Baca Juga: Jadwal Samsat Keling Pangandaran pada Rabu Februari 2021, Simak Kelengkapan Persyaratannya

"Sebetulnya, melatih anjing dan binatang lainnya bisa dengan semua bahasa. Tapi kebanyakan para pelatih menggunakan bahasa Inggris untuk memudahkan para penyayang dan pecinta anjing, karena bahasa Inggris merupakan bahasa international," terangnya.

Ariel menambahkan, setiap hari Joy dilatih selama satu jam jika mood-nya sedang tidak bagus. Tapi kalau mood-nya sedang bagus bisa sampai lima jam.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x