Kuliah di IAIC Tasikmalaya, Inilah Fakultas dan Jurusan yang Ada di Institut Agama Islam Cipasung

- 19 Februari 2021, 07:01 WIB
Gedung IAIC Cipasung Tasikmalaya
Gedung IAIC Cipasung Tasikmalaya /markaza arabia.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Institut Agama Islam Cipasung atau lebih dikenal dengan nama IAIC adalah sebuah Perguruan Tinggi Islam yang berada di wilayah komplek Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

IAIC dinaungi oleh Pondok Pesantren Cipasung, dan direktori oleh KH. Abun Bunyamin Ruhiat Drs.,M. SI. Sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung.

Sejarah berdirinya IAIC Diawali dengan beberapa kali pertemuan antara pimpinan Pondok Pesantren Cipasung dengan tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintahan Daerah, dengan izin Kepala Biro Perguruan Tinggi Agama Departemen Agama RI melelui suratnya tanggal 25 September 1965 Nomor BB-XII/2b/34-11/65, maka berdirilah Perguruan Tinggi Islam Cipasung, disingkat PTI Cipasung.

Baca Juga: Kuliah Dijurusan KPI? Inilah Jenjang Karir Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Setelah beberapa waktu menyelenggarakan perkuliahan dan melaksanakan kegiatan akademik, maka dengan surat Kepala Biro Pergururan Tinggi Agama Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI Nomor 53/B-XII/2/Swt/65, Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Islam Cipasung dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Islam Agama Swasta Terdaftar.

Dengan bekal dua surat keputusan tersebut serta ketekunan para pengelolanya, Fakultas Tarbiyah PTI Cipasung setahap demi setahap meningkatkan dan berbenah diri sesuai dengan kemampuan yang ada menuju perbaikan. Pimpinan Fakultas meningkatkan mutu proses perkuliahan agar hasil yang dicapai oleh para mahasiswa setaraf dengan hasil yang dicapai oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dalam hal ini IAIN.

Baca Juga: Wow, 38 Pegawai Samsat Ciamis Terpapar Covid-19

Dalam rangka meningkatkan status, Direktorat Perguruan Tinggi Agama dan Pesantren Luhur Departemen Agama menugaskan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Garut untuk mengadakan checking on the spot ke Fakultas Tarbiyah PTI Cipasung. Hasil checking tersebut adalah dikeluarkannya rekomendasi Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Garut bahwa mutu ilmiah Fakultas Tarbiyah PTI Cipasung sama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN, yang dinyatakan dengan surat nomor 08/SEK/IAIN/10/68, tanggal 15 Desember 1968. Berdasarkan rekomendasi tersebut maka keluarlah Keputusan Menteri Agama RI Nomor 07 tahun 1969, berisikan bahwa Fakultas Tarbiyah PTI Cipasung mendapat pengakuan ijazahnya sama dengan ijazah Bakaloreat Fakultas Tarbiyah IAIN Al-Jami’ah, sehingga mempunyai civil effect  yang sama dengan Perguruan Tinggi Negeri. (dikutip dari web resmi IAIC).

Baca Juga: Basement BEC Bandung Terbakar, Api Diduga dari Genset

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x