Jaga Ekosistem Alam, PGE Pertamina Karaha Tanam 6000 Pohon di Lahan Kritis

- 4 Agustus 2021, 13:11 WIB
PT Pertamina Geothermal Energy Area Karaha dan Dinas Pertani Provinsi Jabar tanam 6000 pohon
PT Pertamina Geothermal Energy Area Karaha dan Dinas Pertani Provinsi Jabar tanam 6000 pohon /Priangantimurnews/Edi Mulyana

PRIANGANTIMURNEWS - PT Pertamina Geothermal Energy Area Karaha dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dinas LH, dan BPBD dukung pemulihan lahan kritis di Kabupaten Tasikmalaya area PGE Karaha dengan menanam ribuan bibit pohon.

"Pertamina Geothermal Energy Area Karaha saat ini konsen terhadap kelestarian alam dengan memperhatikan lahan kritis sekaligus upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan," kata, Manager PGE Karaha Andi Joko Nugroho Rabu 4 Agustus 2021.

"Jenis pohon yang diserahkan secara simbolis 6000 bibit pohon ganitri, 1000 bibit alpukat jenis Aligator, 12 kg bibit bunga matahari serta 20 ton pupuk kandang," kata, Andi.

Baca Juga: 20 Ucapan HUT ke 76 Kemerdekaan RI, Cocok Disebar ke Media Sosial

6000 pohon masing-masing diberikan kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup Dinas Liingkungan Hidup Aneu Susana dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang diwakili Anang Lukman.

"Bibit tersebut selanjutnya diserahkan kepada Kelompok Tani Hutan Subur Makmur dan Kelompok Tani Hutan Wargi Saluyu sebagai perwakilan masyarakat setempat," kata, Andi.

Andi Joko mengungkap, kegiatan tersebut merupakan sinergi PGE dengan Dinas Kehutanan sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam pemulihan kondisi lahan kritis khususnya di wilayah Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan hulu Sungai Cikidang dan merupakan hulu Daerah Aliran Sungai Citanduy.

“Kami berharap melalui kegiatan ini akan mampu memulihkan kondisi sumberdaya lahan agar menjadi lebih produktif, terjaganya kelestarian lingkungan serta ekosistem di sepanjang daerah aliran sungai, yang semua berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri baik secara langsung mapun tidak langsung,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Gulai Cumi Isi Tahu Enak dan Kaya Rempah

Bekerjasama dengan instansi terkait dan komunitas Purwamekar, PGE juga akan berpartisipasi dalam pemulihan lahan kritis milik Desa Kadipaten melalui penerapan konsep agroforestri.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x