Geliat Pengrajin Boneka Desa Sindangsari Garut di Masa Pandemi

- 22 Agustus 2021, 15:58 WIB
Enung Kartika Pengrajin boneka asal Desa Sindangsari Garut.
Enung Kartika Pengrajin boneka asal Desa Sindangsari Garut. /tangkapan layar youtube Desa Sindangsari/

PRIANGANTIMURNEWS- Boneka adalah salah satu mainan yang digemari oleh anak perempuan, banyak sekali jenis-jenis boneka, mulai karakter kartun sampai boneka berbentuk buah-buahan.

Di Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, ternyata sebagian warganya mencari nafkah dengan membuat boneka.

Kegiatan pembuatan boneka di Desa Sindangsari ternyata sudah lama digeluti oleh warga. Bahkan banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari pembuatan boneka, salah satunya Enung Kartika yang kini telah memiliki 30 orang pegawai yang merupakan tetangganya sendiri.

Baca Juga: Viral, Seorang Laki-laki DItemukan Gantung Diri di Pohon Kompleks Olahraga Bima

Pada awalnya pembuatan boneka ini hanya sebagai usaha sampingan, namun lama - kelamaan menjadi salah satu sumber pendapatan keluarga.

Enung sendiri menggeluti usaha pembuatan boneka sejak dua tahun lalu. Jenis boneka yang di produksi antara lain boneka banana, tweety, kelinci, gajah, panda dan masih banyak jenis boneka lainnya.

Enung tidak hanya memproduksi, namun juga menampung hasil produksi dari para tetangganya.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Endless Love - Lionel Richie dan Diana Ross

Setiap hari boneka yang dikirim untuk dijual mencapai 10 hingga 15 bak yang berisi sebanyak 20 kodi. Untuk harga setiap kodi boneka seharga Rp90.000, walaupun harganya relatif murah, namun usaha pembuatan boneka tersebut bisa menambah penghasilan keluarga.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x