Jadi Souvenir GPDRR, Endek Bali Diharapkan Mendunia

- 28 Mei 2022, 13:20 WIB
Potret Endek Bali
Potret Endek Bali /Kemenparekraf.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Dijadikan souvenir khusus bagi delegasi pada penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. Diharapkan endek Bali bisa mendunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam siaran persnya menyebutkan endek merupakan kain tenun yang berasal dari Bali yang memiliki ciri khas khusus dari lewat, corak, dan warna alam yang digunakan.

Pewarnaan endek ini berbahan alami yang lebih aman terhadap kulit yang sensitif, dan lebih ramah lingkungan,  di mana pewarna alami ini diekstrak dari tumbuh-tumbuhan. 

Baca Juga: Congratulation! Prilly Latuconsina Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 di Asia

"Endek Bali ramah lingkungan sesuai dengan implementasi pariwisata berkonsep berkelanjutan. Kita harapkan endek Bali ini bisa mendunia melalui penyelenggaraan GPDRR 2022 ini, sehingga bisa berdampak baik pada kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembuka peluang usaha," katanya.

Dirinya mengatakan, inovasi kreatif seperti endek inilah yang merupakan bentuk kesiapan ekonomi baru.

Pada gelaran GPDRR 2022 yanh digelae di Bali, endek bali dijadikan souvenir untuk para delegasi ini berbentik tas gail khas bali dan juga masker.

Baca Juga: 3 Pemain Skuad Timnas Indonesia Di Depak Shin Tae Yong

"Inovasi produk ekonomi kreatif inilah sebagai contoh bentuk kesiapan Indonesia dalam menyambut tatanan ekonomi baru. Inovasi produk ekraf seperti ini menjadi bukti nyata bahwa Indonesia sanggup memegang peran penting dalam pemulihan ekonomi global yang mengedepankan konsep keberlanjutan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: kemenparekraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x