Penyempitan Badan Sungai Jadi Faktor Utama Bencana Banjir Bandang Garut

- 27 Juli 2022, 11:31 WIB
BNPB menyatakan penyempitan sungai menjadi faktor banjir.
BNPB menyatakan penyempitan sungai menjadi faktor banjir. /Instagram @garutupdate

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan penyempitan badan sungai menjadi faktor utama penyebab banjir dan longsor di Kabupaten Garut pada Jumat (15/7/2022) lalu.

Hal itu disampaikan Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari.

"Penyempitan badan sungai tersebut berdasarkan pantauan survei udara melalui pesawat nirawak," kata Abdul Muhari.

Baca Juga: Hasil Pengumuman PPDB Berbeda dengan Absensi, Kok Bisa?

Ia menjelaskan, penyempitan badan sungai ini mengakibatkan tanggul tidak mampu menahan luapan saat debit hulu ekstrem. Hal tersebut menjadi catatan penting untuk mitigasi jangka panjang.

Berdasarkan pengamatan tersebut, Muhari mengungkapkan kawasan yang tersapu banjir memiliki keunikan, yakni sisi kiri berupa persawahan dan sisi kanan pemukiman.

Pola kejadian bencana di Kabupaten Garut mengikuti musim hujan. Secara geografis Kabupaten Garut terletak di daerah kawasan yang dikelilingi perbukitan dengan kecuraman cukup tinggi.

Baca Juga: Banyak ABG Laki-laki Berdandan Bak Wanita Di Citayam Fashion Week, Ini Tindakan Pemkot...

Muhari mengingatkan ekosistem di daerah perbukitan harus dijaga supaya daerah resapan air di hulu dan daerah aliran sungai yang terkonservasi dengan baik, sehingga bisa mengurangi risiko bencana banjir.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @garutupdate_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x