Tasikmalaya Berpotensi Dilanda Kekeringan Panjang, BPBD Minta Warga untuk Hemat Air

- 1 Agustus 2023, 08:30 WIB
Seorang anggota Polisi mulai melakukan patroli kekurangan dan pendistribusian air di wilayah dataran tinggi Tasikmalaya, Jawa Barat yang kekurangan air. Salah satunya terjadi di Kecamatan Cineam pada Sabtu, 29 Juli 2023.
Seorang anggota Polisi mulai melakukan patroli kekurangan dan pendistribusian air di wilayah dataran tinggi Tasikmalaya, Jawa Barat yang kekurangan air. Salah satunya terjadi di Kecamatan Cineam pada Sabtu, 29 Juli 2023. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) memiliki potensi kekeringan lebih panjang, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pernyataan tersebut dikonfirmasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya pada Minggu, 30 Juli 2023.

Informasi disampaikan setelah melakukan pertemuan daring bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi kekeringan. 

Baca Juga: Musim Kemarau Lebih Awal, Danau Air Tawar Terbesar di China Kekeringan

Diantaranya hasil informasi yang disampaikan bahwa di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya memiliki ancaman kekeringan lebih panjang di tahun 2023-2024.

Disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tasikmalaya.

“Pada 20 Juli, informasi ancaman kekeringan, khususnya wilayah Tasikmalaya," ungkap Kalak

"Telah diterima dari BMKG. Perlu disoroti, potensi ancaman kekeringan untuk 2023-2024 akan lebih panjang dari sebelumnya,” paparnya.

Walau demikian, hingga saat ini BPBD belum menaikkan status bahwa menjadi Level Waspada Kekeringan di Tasikmalaya, karena prosesnya yang cukup panjang.

Baca Juga: BMKG Sebut Beberapa Wilayah Indonesia akan Diterjang Hujan Lebat, Meski Tengah Kemarau

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x