Facebook Janji akan Bayar 1 Miliar Dollar untuk Berita selama 3 Tahun ke Depan

- 24 Februari 2021, 22:30 WIB
Kotak Komputer Facebook
Kotak Komputer Facebook /pixabay/Alexas_Fotos/

PRIANGANTIMURNEWS – Platform Media Sosial Facebook telah menjanjikan setidaknya 1 miliar dollar untuk membayar berita selama tiga tahun ke depan.

Sesuai dengan rencana pengeluaran Google dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk menahan dampak dari larangan kelompok media sosial terhadap berita di Australia.

Seperti dilansir priangantimurnews.com  Nick Clegg, wakil presiden urusan global Facebook, mengungkapkan anggaran dalam postingan yang membela keputusan pekan lalu untuk membatasi sementara berita Australia karena rancangan undang-undang yang memungkinkan perusahaan media besar untuk menuntut "cek kosong" dari platform tersebut.

Baca Juga: Suguhkan Pesona Alam Kebun Teh, Pilih Taraju atau Bukit Kacapi?

“Banyak orang yang dengan tepat bertanya: tentang apa itu sebenarnya?” tulis Clegg di postingan Facebooknya. “Intinya, dalam pandangan Facebook, adalah kesalahpahaman mendasar tentang hubungan antara Facebook dan penerbit berita,” lanjutnya.

Total dana 2 miliar dollar dari Google dan Facebook mencerminkan perubahan signifikan dalam kekuatan komersial menuju grup berita yang sedang berjuang.

Namun masih belum jelas apakah jumlah tersebut akan memenuhi permintaan penerbit yang terus meningkat, atau menghindari tindakan yang berpotensi lebih mahal oleh regulator di seluruh dunia.

Baca Juga: 7 Makanan Mudah dan Sehat untuk Menu Sarapan, Roti Bakar Favorit Warga Indonesia

Facebook pada hari Senin setuju untuk memulihkan berita di Australia setelah pemerintah mengusulkan amandemen rancangan undang-undang, yang berusaha membuat Big Tech membayar berita dengan secara dramatis meningkatkan daya tawar penerbit.

“Dapat dimengerti bahwa beberapa konglomerat media melihat Facebook sebagai sumber uang potensial untuk menutupi kerugian mereka,” tulis Clegg.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x