Bukti Kembalinya Sabdo Palon Penguasa Tanah Jawa dan Pemindahan Ibukota Baru Kalimantan

- 22 Februari 2022, 19:23 WIB
Ilustrasi Sabdo Palon Penguasa Tanah Jawa yang akan kembali setelah 500 tahun.
Ilustrasi Sabdo Palon Penguasa Tanah Jawa yang akan kembali setelah 500 tahun. /Screenshot YouTube Aliqul Channel/

PRIANGANTIMURNEWS- Ilmu mitologi kecocokan bentuk Semar dengan ibukota baru di pulau Kalimantan bisa menjadi suatu pertanyaan lam Semar bersumpah akan kembali setelah 500 tahun untuk menjadi penasihat atau ksatria Nusantara.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari YouTube Aliqul Channel, Wacana pemindahan ibukota sendiri sudah ada sejak era Soekarno dan baru terwujud saat ini apakah berarti Semar telah menampakkan wujudnya menimbang banyaknya huru-hara yang terjadi di negeri ini belakangan.

Sejak diputuskannya rencana pemindahan ibukota baru ke pulau Kalimantan ternyata menyimpan beragam misteri khususnya kisah Sabdo Palon yang melegenda.

Baca Juga: BPJS Jadi Syarat Jual Beli Tanah, Urus SIM, STNK, hingga Naik Haji

Sebelum jauh mengulas mengenai misteri kembalinya Sabdo Palon mari kita mulai dengan menguak Siapakah dan bagaimana sejatinya sejarah Sabdo Palon itu sendiri,

Sebab Palon atau Sabda tahun adalah tokoh legendaris yang dianggap sebagai pandito dan penasehat Brawijaya ke-5 penguasa terakhir yang beragama Budha dari kerajaan Majapahit di Jawa.

Namanya disebut-sebut dalam serat darmogandhul ditulis oleh Ki kalamwadi dengan waktu penulisan hari Sabtu Legi 23 ruah 1830 Jawa atau Sangkala gunung mesti Noto = 16 Des 1911,

Darmogandhul adalah suatu tempang Macapat kesusastraan Jawa Baru berbahasa Jawa ngoko disebutkan bahwa Sabdo Palon tidak bisa menerima swaktu Brawijaya digulingkan pada tahun 14-7-18 oleh tentara Demak dengan bantuan dari Wali Songo.

Baca Juga: Ramalan Jayabaya Notonegoro Pengganti Jokowi Mulai Terungkap Ternyata Inilah Sosoknya!!

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Aliqul Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x