Ditemukan Peninggalan Manusia Purba di Goa Sutra Reregan Selasari Pangandaran

- 10 Maret 2022, 18:03 WIB
Team BPCB Serang Banten pada saat melakukan expedisi dan explorasi di Goa Sutra Reregan.
Team BPCB Serang Banten pada saat melakukan expedisi dan explorasi di Goa Sutra Reregan. /PRITIM PRMN/ASEP NURDIN ROSIHAN ANWAR/

PRIANGANTIMURNEWS- Tim peneliti dari Balai Perlindungan Cagar Budaya (BPCB) Banten, menemukan gua peninggalan zaman manusia purba, di kawasan gua reregan Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

"Dari hasil pendataan dan penelitian permukaan kita menemukan bebera benda yang diduga merupakan peninggalan manusia purba," ungkap Sony Prasetya Wibawa, ketua tim penelitian gua Sutra Reregan BPCB Serang Banten, Kamis 10 Maret 2022

Sony mengatakan, Bukti yang ditemukan oleh tim dalam penelitian di permukaan gua memiliki nilai tinggi bahwa gua tersebut pernah di huni oleh manusia purba.

Baca Juga: Lima Makanan untuk Menurunkan Asam Lambung, Harus Tahu!

"Dari hasil ploting kita menemukan benda benda yang membuktikan bahwa manusia purba pernah tinggal di gua ini," ungkapnya.

Dikatakannya, Benda benda yang telah ditemukan diantaranya, tulang, manik manik, cangkang kerang dan bahan yang digunakan untuk perkakas.

"Kita juga menemukan kjoken modiner atau tumpukan sampah bekas makanan manusia purba, bahkan ada yang sudah menjadi fosil," tuturnya.

Lanjut Sony, saat ini pihaknya masih melakukan penelitian mencari data-data material sebagai bahan penelitian lanjutan.

Baca Juga: Presiden PSG Nasser Al Khelaifi Ngamuk, Staf Ofisial Real Madrid Diancam akan Dibunuh

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x