5 Jenis kebutuhan Mayarakat Sesuai Golongannya

- 19 Desember 2021, 21:33 WIB
ilustrasi bahan pokok
ilustrasi bahan pokok /Pikiran-rakyat.com

PRIANGANTIMURNEWS– Perlu diketahui bahwa kebutuhan Mararakat dan keinginan Masyarakat itu sangat berbeda.

Kebutuhan Mayarakat merupakan suatu hal yang harus dipenuhi, apabila ditunda pemenuhannya dapat mengganggu kehidupan manusia.

Sedangkan keinginan Masyarakat adalah suatu hal yang apabila tidak dipenuhi tidak akan mengancam keberlangsungan kehidupan manusia.

Baca Juga: Peringatan untuk Jutaan Pengguna iPhone atas Pembaruan Bluetooth iOS 15 yang 'Berbahaya'

Adapun penggolongan Kebutuhan Masyarakat dapat digolongkan menjadi beberapa golongan sebagai berikut:

A. Kebutuhan menurut intensitasnya

Pada jenis kebutuhan inilah kita bisa melihat mendesak atau tidaknya kebutuhan tersebut. Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga, antara lain diuraikan berikut ini:

1) Kebutuhan Primer Adalah kebutuhan yang pemenuhannya harus segera dipenuhi, jika kebutuhan itu tidak bisa terpenuhi saat itu juga maka akan mengancam kelangsungan hidup manusia. Contoh kebutuhan misalnya sandang, pangan, papan dan juga lainnya.

2) Kebutuhan Sekunder Adapun kebutuhan sekunder seringkali juga disebut sebagai sebuah kebutuhan kultural. Di mana kebutuhan itu dapat muncul secara bersamasama dengan tingkat peradaban manusia yang semakin meningkat. Kebutuhan sekunder ini pemenuhannya setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi. Adapun contoh kebutuhan sekunder, misalnya: siraman rohani, rekreasi, pendidikan, olah raga, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku teori ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x