RESMI! MULAI HARI INI BIAYA TRANSFER ANTAR BANK CUMA RP. 2500 PER TRANSAKSI

- 21 Desember 2021, 17:10 WIB
Cara Transfer Bank BRI ke Bank Neo Commerce BNC Lengkap Jumlah Minimal Kirim Uang Terbaru
Cara Transfer Bank BRI ke Bank Neo Commerce BNC Lengkap Jumlah Minimal Kirim Uang Terbaru /IG @bankbri_id/

 

 
PRIANGANTIMURNEWS- Siap-siap, biaya transfer antar bank akan semakin murah, mulai hari ini biaya transfer antar bank akan turun menjadi Rp 2.500 per transaksi. 
 
Selama ini, biaya transfer antar bank mencapai Rp 6.500 per transaksi. Tentu saja, dengan kebijakan baru ini, nasabah lebih menghemat biaya transfer antar bank. 
 
Namun untuk tahap pertama, penurunan biaya transfer antar bank tersebut belum berlaku menyeluruh.
 
 
Hanya bank tertentu yang berlaku biaya transfer antar bank Rp 2.500.  Meski demikian, penurunan biaya transfer antar bank tersebut berlaku melalui berbagai layanan.
 
Baik transfer antar bank melalui ATM, internet banking, agen, mobile banking akan berlaku biaya maksimal Rp 2.500 per transaksi.
 
Bank Indonesia (BI) akan mulai mengimplementasikan BI Fast Payment atau BI Fast pada hari ini, melalui sistem ini, biaya transfer antar bank hanya akan dikenakan tarif maksimal Rp 2.500.
 
 
Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, BI Fast bakal diterapkan ke berbagai instrumen keuangan perbankan, sehingga tidak hanya terbatas kartu debit atau kredit saja.
 
"Instrumennya bisa menggunakan nota debit kredit, bisa menggunakan uang elektronik, bisa menggunakan kartu (APMK)," kata Fili
 
Selain itu, penerapan biaya transfer antar bank Rp 2.500 akan berlaku di seluruh kanal perbankan. Namun, hal ini akan dilakukan secara bertahap. 
 
 
Firli menjelaskan, pada tahap pertama, nasabah dapat menggunakan BI Fast untuk setiap transaksi dengan nominal maksimal Rp 250 juta.
 
Angka tersebut ditetapkan oleh bank sentral mengingat BI Fast difokuskan untuk transaksi segmen ritel. "Ini akan kita evaluasi berkala. Apabila diperlukan bisa kita naikan," katanya.
 
Berikut daftar bank yang akan mengimplementasikan BI Fast dan berlaku biaya transfer antar bank Rp 2.500 per transaksi :
  1. BTN
  2. DBS Indonesia
  3. Permata Bank
  4. Bank Mandiri
  5. Danamon
  6. CIMB Niaga
  7. BCA
  8. HSBC Indonesia
  9. UOB Indonesia
  10. Bank Mega
  11. BNI
  12. BSI
  13. BRI
  14. OCBC NISP
  15. UUS BTN
  16. UUS Pemata Bank
  17. UUS CIMB Niaga
  18. UUS Danamon
  19. BCA Syariah
  20. Bank Sinarmas
  21. Citibank NA
  22. Bank Woori Saudara.

Selain dengan cara di atas, ada alternatif untuk menghemat biaya transfer antar bank. Bahkan, ada cara transfer antar bank yang gratis atau tanpa biaya.

Salah satu cara transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya adalah menggunakan layanan / aplikasi Flip.

Baca Juga: JTBC Bantah Drama “Snowdrop” Ada Distorsi Sejarah

Flip adalah fintech yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa keuangan. Pengguna baru dapat mencoba transaksi transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya di Flip dengan limit transaksi Rp 500.000 per akun.

Jika ingin transfer lebih dari Rp 500.000, pengguna Flip harus verifikasi identitas secara online dan gratis.***

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x