5 Musik Ini Mencerminkan Karakter Pendengarnya, Nomor Dua Cocok Paling Tak masuk Akal

- 12 Maret 2023, 17:11 WIB
Ilustrasi Konser musik pop.
Ilustrasi Konser musik pop. /Pexels/


PRIANGANTIMURNEWS - Setiap manusia pasti menyukai musik, instrumental atau akustik dalam kehidupannya ada yang sangat suka atau suka walau hanya selintas.

Bagaikan sisi ruang ekspresi lain dari diri seseorang manusia, musik ternyata bisa mencerminkan suatu identitas tertentu. Baik itu identitas personal, institusi, budaya, dan bahkan identitas nasional suatu bangsa.

Dalam konteks personal, semua musik memiliki aluna dan ciri khas keunikannya masing-masing, yang sebagian besar mencerminkan karakter, sifat, atau suasana hati seseorang.

Baca Juga: Bosan Dicurangi! Luis Milla Siap Turunkan Pemain Ini Untuk Melawan Persebaya Surabaya

Kadang kita melihat seseorang yang sedang memutar musik melow, menandakan hatinya sedang gundah. Kadang pula juga kita temui sekelompok orang memutar lagu yang perjuangan, menandakan suasana hati atau bahkan mungkin karakternya teguh.

Bahkan dalam lingkup suatu budaya dan bangsa pun musik adat atau musik daerah juga merupakan identitas dari kebudayaan tersebut tidak jarang yang mengandung nilai historis dari karakteristik budaya tersebut. Begitu pula musik skala nasional.

Kali ini, kita sedikit mengulas mengenai beberapa musik yang mencerminkan karakter seseorang.

Baca Juga: AC Milan vs Salernitana di Serie A: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan di Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris oleh Professor Adrian North yang merupakan seorang ahli ilmu psikologi musik menyampaikan bahwa jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter.

Hal tersebut Prof. Adrian uji selama tiga tahun dalam survei dari hampir 36.000 orang dari 60 berbagai negara dengan selera musik yang tentunya berbeda-beda.

1. Musik R & B
Seseorang yang menyukai musik genre ini terkenal dengan sifat outgoing serta selalu melakukan apa yang benar-benar mereka sukai, tanpa peduli pendapat orang lain.

Baca Juga: Feyenoord vs Volendam di Eredivisie: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Kelebihannya merupakan orang yang memiliki empati tinggi terhadap sesamanya. Namun kekurangannya masih sering menyalahkan orang lain dengan menganggap pilihannya yang paling benar.

2. Instrumental sampai Musik Klasik
Seseorang yang menyukai genre ini terkenal dengan kelembutan hati, pikiran yang kreatif serta intuisi yang bagus.

Akan tetapi, sesuai dengan karakter musiknya yang memperhatikan alunan klimaks. Terkadang seseorang penikmat genre ini lebih sensitif, terlalu terbawa suasana, dan sering membuat keputusan irasional yang sulit dimengerti orang lain.

Baca Juga: NCT DREAM Rilis MV Baru Untuk “Beatbox” Versi Bahasa Inggris

3. Musik Pop
Seseorang yang menyukai genre ini biasanya memiliki  karakter yang mencolok dibandingkan dengan teman-teman di sekitarmu sesuai dengan karakter musik pop.

Merupakan seseorang yang menyukai pengalaman baru dengan kepercayaan diri yang tinggi. Akan tetapi terkadang masih sering gugup dalam setiap masalah penting yang dihadapi, serta agak kurang kreatif dan lebih slow.

4. Musik Rock dan Metal
Seseorang yang menyukai genre ini adalah tipe karakter yang intuitif, juga sama mencoloknya seperti penggemar genre popnya dengan ciri khas yang berbeda-benda.

Baca Juga: Manajer dan Pemain Liga Inggris Memboikot Match Of The Day BBC

Namun perbedaannya dari seseorang dengan genre pop adalah karakter ini tidak bisa cocok dengan semua orang. Lebih terus terang ketika tidak menyukai suatu kondisi, tanpa memperhatikan situasinya.

Namun, sesuai dengan karakter musiknya yang keras, pecinta genre ini pun merupakan pekerja keras serta cukup keras kepala dengan tujuannya.

5. Rap dan Hip-Hop
Seseorang yang menyukai genre ini adalah tipe yang asik dan memiliki pikiran terbuka dalam segala hal, energik serta sangat senang bersosialisasi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn Hari Ini Minggu 12 Maret 2023, Kemungkinan Akan Mendapat Hasil Baik

Akan tetapi, kelemahan  yang dimiliki pecinta genre ini adalah cenderung kurang percaya diri terutama dalam masalah mempercayai hubungan, termasuk asmara.

Berikut adalah sebagian hasil dari analisis Prof. Adrian, yang sebenarnya masih dalam dan mendetail serta genre yang dipaparkan lebih banyak.

Hal yang perlu diperhatikan secara mendasar adalah, bahwa sebenarnya musik pun dapat mempengaruhi suasana hati dan pikiran kita. Itu sebabnya mendengarkan pun ada batasannya, dalam hal ini melogiskan kembali akal kita.

Baca Juga: BTS Secara Resmi Memecahkan Rekor Dunia Guinness Untuk Grup Paling Banyak Diputar di Spotify

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa laporan, musik juga dapat menghipnotis seseorang dalam beberapa kasus. Maka perlu berbijak lupa dalam memilih musik, instrumental, dan akustik yang baik serta positif.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Youtube Channel Asah Otak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x