Jangan Sepelekan Manfaat Makan Bersama Keluarga, Tingkatkan Support System

- 3 Desember 2020, 18:54 WIB
Makan bersama keluarga
Makan bersama keluarga /pixabay
PRIANGANTIMURNEWS-
Makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia. Mengisi tenaga untuk aktivitas sehari-hari sangatlah begitu penting.
 
Makan bareng keluarga kedengarannya seperti sepele dan sudah dilakukan banyak orang. Tapi, jangan sepelekan makan bersama keluarga setiap hari.
 
 
Seringkali sarapan pagi didahulukan dengan makan dan minum yang ringan saja, seperti roti dan susu. Karena alasan buru-buru dan dikejar waktu kerja. Hingga akhirnya sarapan dilakukan secara personal oleh keluarga.
 
Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila makan bersama keluarga, terutama pada hubungan anak dan keluarga.
 
 1.  Keharmonisan Keluarga
 
Perlu diketahui, makan bareng keluarga banyak menuai banyak manfaat, terutama pada keharmonisan keluarga. Membangun komunikasi selama makan, akan lebih menghangatkan suasana rumah. 
 
Apalagi, sudah mempunyai anak. Apa yang dikerjakan kita akan dilihat oleh anak kita, sehingga mengajak untuk membangun pertumbuhan pengembangan diri yang baik.
 
 2.  Mendekatkan Hubungan Orang Tua dan Anak
 
Karena kesibukan dengan aktivitas sehari-hari bikin anak kesal sendiri karena tidak dapat memberikan waktu bareng keluarga. Salah satu solusi yang mudah dan murah adalah makan bareng keluarga.
 
Luangkan waktu di pagi hari walaupun hanya makan ringan bersama keluarga. Dengan begitu pengembangan tumbuh anak akan terlihat. Kenali manfaat sarapan dengan hal yang mudah, seperti untuk mengisi tenaga tubuh. 
 
Menu makanan
Menu makanan pixabay
 
 3.  Mengenalkan Keluarga Arti Kebersamaan
 
 
Makan bareng keluarga bisa mengenalkan pada anak bahwa menjalin kebersamaan itu penting, menjalin hubungan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan.
 
Kenalkan anak pada makanan yang dihidangkan, berikan manfaat, keterangan dan jenis makanan yang akan dimakan bersama. Secara tidak sadar komunikasi sederhana seperti tersebut akan memberikan psikis yang baik. 
 
 4.  Meningkatkan Support System 
 
Dukungan dari keluarga bagian sangat penting bagi anak, apalagi mendukung penuh dengan motivasi. Berikan arahan yang bai Tidak hanya makan, saling dukung bersama keluarga, kerjaan orang tua, dan berbagai kegiatan anak yang dilakukan selalu berikan dukungan dan semangat yang baik. Sehingga keluarga harmonis dan memberikan support system yang baik bagi tubuh dan kesehatan mental.
 
Keluarga bisa menjadi titik awal penyemangat dalam hidup, maka berikan waktu luang untuk bersama bareng keluarga, dengan hanya mengajak makan bersama, keluarga akan lebih harmonis.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah