Mengenal Hipokampus dan Peran Penting Proses Penalaran

- 14 Desember 2020, 17:53 WIB
Gambar otak manusia
Gambar otak manusia /Sciepro/
PRIANGANTIMURNEWS- Hipokampus bisa disebut dengan fungsi yang merangsang otak untuk menangkap berbagai hal yang ada di sekitar. Termasuk berbagai macam perasaan.
 
Hipokampus sangat berperang penting pada pembentukan, dan penyimpanan ingatan baru yang menghubungkan sensasi dan emosi ke ingatan-ingatan ini.
 
 
Merasakan bagaimana aroma yang tercium dapat memicu ingatan yang kuat, terkait jenis dan bentuknya. Hal ini salah satu fungsi Hipokampus.
 
Dilansir Priangan Timur News dari Verry Well Mind. Hipokampus adalah format kecil yang melengkung di otak dan memainkan peran penting dalam sistem limbik. Salah satu fungsi pembentukan terkait pembelajaran dan emosi.
 
Fungsi
 
Penelitian juga menemukan bahwa subregional hipokampus yang berbeda itu sendiri memainkan peran penting dalam jenis memori tertentu.
 
Memori Spasial
 
Bagian belakang hipokampus terlibat dalam pemrosesan memori spasial. Studi tentang pengemudi taksi London menemukan bahwa menavigasi labirin kompleks di jalan-jalan kota besar terkait dengan pertumbuhan bagian belakang hipokampus.
 
Konsolidasi Memori
 
Hipokampus juga berperan dalam mengkonsolidasikan ingatan selama tidur. Studi yang diterbitkan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa aktivitas hipokampus yang lebih besar selama tidur setelah beberapa jenis pelatihan atau pengalaman belajar mengarah pada ingatan yang lebih baik tentang materi pada hari berikutnya.
 
Transfer Memori
 
Kenangan tidak disimpan di hipokampus untuk jangka panjang. Sebaliknya, diyakini bahwa hipokampus bertindak sebagai semacam pusat pengiriman, mengambil informasi, mendaftarkannya, dan menyimpannya sementara sebelum dikirim untuk diarsipkan dan disimpan dalam memori jangka panjang. Tidur diyakini memainkan peran penting dalam proses ini.***

Editor: Agus Kusnanto

Sumber: Verry Well Mind


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah