Efek Buruk Merokok di Dekat Anak, Orangtua Wajib Tahu!

- 5 Maret 2021, 22:58 WIB
Dinkes Buleleng.
Dinkes Buleleng. /Kemenkes RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Merokok adalah salah satu kegiatan yang merugikan untuk sebagian orang, dan sebagian orang lainnya menyebut merokok adalah kegemaran tersendiri.

Perlu diketahui, merokok dapat menyebabkan kanker mulut, kanker lidah, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

Penyakit yang ditimbulkan dari merokok atau asap rokok tidak hanya terjadi pada perokok aktif. Namun, terjadi pada perokok pasif termasuk bayi atau anak-anak.

Baca Juga: Menciptakan Banyak Lapangan Pekerjaan, Beginilah Cara Unik Kampanye Kemenkeu Pulihkan Ekonomi Nasional

Dikutip priangantimurnews dari P2PTM Kemenkes RI (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) terdapat beberapa efek buruk bagi anak-anak, jika orangtua merokok didekatnya, yaitu:

Pertama, Sindrom kematian mendadak pada bayi. Sudden Infant death syndrome (SIDS) artinya bayi meninggal secara mendadak setelah dilahirkan ke dunia.

SIDS terjadi saat bayi tertidur dan tidak bangun kembali serta sistem pernapasan yang mendadak berhenti. SIDS tidak ketahui penyebab pastinya, namun hal ini berkaitan dengan mutasi atau kelainan gen.

Baca Juga: Menciptakan Banyak Lapangan Pekerjaan, Beginilah Cara Unik Kampanye Kemenkeu Pulihkan Ekonomi Nasional

Salah satu hal yang menjadi pemicu SIDS ini adalah saat orangtua merokok di dekat anak, sehingga anak yang masih bayi menjadi perokok pasif dan menganggu sistem pernapasan sampai berhenti.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: p2ptm Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x