Misteri Orang Sunda Tidak Bisa Mengucapkan Huruf 'F', Ini Penjelasannya

- 8 November 2021, 20:20 WIB
Ilustrasi huruf. 10 Daftar kata-kata unik yang memiliki makna indah, jarang diketahui banyak orang.
Ilustrasi huruf. 10 Daftar kata-kata unik yang memiliki makna indah, jarang diketahui banyak orang. /Pexels/magda ehlers/

PRIANGANTIMURNEWS - Masyarakat sunda biasanya berasal dari wilayah Jawa Barat. Terdapat satu ciri yang sudah banyak diketahui adalah logat dan ucapan mereka.
 
Orang-orang Sunda terkenal tak bisa mengucapkan huruf 'F' dan 'V'. Mereka biasa menggantinya menggunakan huruf 'P'.
 
Ternyata hal ini juga telah menimbulkan berbagai asumsi serta menjadi bahan penelitian bagi para ahli bahasa.
 
 
Dilansir dari berbagai sumber, salah satu penjelasan terkait ketidakmampuan orang sunda melafalkan huruf 'F' dan 'V' adalah kondisi arkeologi bahasa dan aksara sunda ratusan tahun yang lalu.
 
Di dalam aksara sunda tak dikenal huruf 'F' mau pun 'V'. Yang ada adalah 'P', sehingga mereka pun tak terlatih untuk melafalkan huruf tersebut.
 
Kebiasaan dan pengetahuan yang telah ada selama ratusan tahun ini kemudian tertanam di dalam pikiran dan alam bawah sadar masyarakat sunda.
 
 
Meskipun tak dapat melafalkan huruf 'F' dan 'V', saat ini masyarakat Sunda telah memakai aksara latin modern.
 
Pengetahuan ini diduga kuat bermula pada zaman penjajahan Belanda yang menyebabkan ilmu pengetahuan modern menyebar di Indonesia.
 
Bahkan, aksara di sunda telah beradaptasi untuk memasukkan huruf 'F' dan 'V', bersamaan dengan huruf lain yang sebelumnya juga belum ada seperti 'Z', 'X', dan 'Q'.
 
Meski demikian, akibat dari bahasa kuno ini masih membuat masyarakat sunda tak dapat melafalkan huruf 'F' dan 'V' dan tetap menggunakan huruf 'P' untuk menggantikan kedua huruf tersebut dalam pelafalannya.***

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x