Ingat! Lemak Tetap Dibutuhkan Walaupun Sedang Menjalani Diet Sehat

- 25 Januari 2023, 16:29 WIB
lustrasi biji-bijian salah satu sumber lemak baik bagi yang sedang melakukan diet sehat./Pexels/
lustrasi biji-bijian salah satu sumber lemak baik bagi yang sedang melakukan diet sehat./Pexels/ /


PRIANGANTIMURNEWS - Pakar gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK mengatakan bahwa seseorang yang sedang menjalani diet sehat atau pengaturan pola makan yang lebih sehat, tetap membutuhkan lemak dalam tubuhnya.

Dikutip Priangantimurnews.com dari ANTARA, Kalau kita diet,kita tidak pakai lemak sama sekali itu salah.

Tetap konsumsi lemak, tetapi pilihlah lemak-lemak yang baik supaya semua kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi, ujar sang dokter dalam acara Offline Media Gathering: Tokopedia dan ahli gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat' di Jakarta, Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga: Baru Mau Terjun Politik, Kaesang Pangarep Dipepet PDIP, Dituntut Seperti Jokowi!

Menurut WebMD, sumber lemak yang baik dapat diperoleh dari makanan seperti ikan salmon, mackerel, sarden dan tuna,atau bahkan dari buah-buahan seperti alpukat, biji-bijian, dan telur.

Juwalita mengatakan, lemak merupakan salah satu komponen dalam pemenuhan gizi seimbang dan perlu dicukupkan jumlahnya dalam setiap menu makanan.

Selain lemak, perlunya untuk banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, sumber karbohidrat dan juga protein untuk mendapatkan gizi yang seimbang.

Bagi yang sedang menerapkan diet sehat, dia menyarankan untuk mengutamakan sumber pangan yang mengandung karbohidrat yang ada disekitar.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Menurut dr. Zaidul Akbar

Bisa singkong, jagung dan tidak harus selalu nasi yang penting memiliki nilai nutrisi yang baik dan lebih banyak.

Selain karbohidrat, protein juga diperlukan. Selain mendapatkan protein dari produk hewani, dari produk nabati pun bisa diperoleh demi mencukupi kebutuhan protein sehari-hari, seperti dari kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong dan lainnya.

Selain pemenuhan gizi seimbang, perlunya menjaga berat badan serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak juga harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terjaga.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x