Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan, Ternyata Berdampak Serius Pada Kesehatan Mental

- 11 Desember 2023, 06:23 WIB
Ilustrai beberapa orang yang sedang menggunakan gadget dan akibatnya bisa berdampak serius kepada kesehatan mental.
Ilustrai beberapa orang yang sedang menggunakan gadget dan akibatnya bisa berdampak serius kepada kesehatan mental. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Plus One telah mengungkapkan hubungan yang mengkhawatirkan antara penggunaan Gadget (ponsel pintar) secara berlebihan dengan risiko kesehatan mental yang meningkat.

Dilansir oleh Medical Daily pada Minggu, 10 Desember 2023, penelitian itu dilakukan oleh tim peneliti dari Hanyang University Medical Center, Korea Selatan, yang dipimpin Jin-Hwa Moon serta Jong Ho Cha.

Penelitiannya melibatkan lebih dari 50.000 remaja dan menemukan bahwa penggunaan Handphone selama lebih dari 4 jam per hari dapat meningkatkan risiko stres, pemikiran untuk bunuh diri, juga kecenderungan penggunaan narkoba.

Baca Juga: Pengaruh Gadget Terhadap Psikologis Anak di Era Digitalisasi

Hasil survei web tahun 2017 dan 2020 menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan ponsel cerdas, dari 64,3 persen remaja menggunakan selama lebih dari 2 jam pada 2017 menjadi 85,7 persen pada 2020.

Peserta yang menggunakan Gadget lebih dari empat jam sehari cenderung menghadapi tingkat stres dan risiko kesehatan mental yang lebih tinggi.

Sebaliknya, remaja yang membatasi penggunaan smartphone mereka antara 1-2 jam tiap hari mengalami lebih sedikit masalah dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan Handphone sama sekali.

Baca Juga: Tips Ampuh Jauhkan Anak dari Gadget dalam Waktu Satu Bulan

Para peneliti menyimpulkan bahwa adanya hubungan antara waktu penggunaan ponsel dan dampak kesehatan yang merugikan.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x