Tips Ampuh Jauhkan Anak dari Gadget dalam Waktu Satu Bulan

- 10 April 2021, 16:53 WIB
Anak sedang bermain handphone atau gadget
Anak sedang bermain handphone atau gadget /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS – Saat ini, anak-anak tidak lepas dari yang namanya gadget atau handphone, seolah telah menjadi kebutuhan.

Hal ini mengakibatkan anak menjadi kecanduan terhadap gadget sampai lupa waktu saat memainkan benda pipih tersebut.

Apalagi di masa pandemi ini, banyak anak yang beralasan akan belajar secara daring padahal hanya ingin bermain hp berselancar di media sosial seperti Youtobe, Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini Cara Memenuhi Kebutuhan Air 8 Gelas Perhari di Bulan Ramadhan

Terdapat sisi positif dan negatifnya saat anak mulai kecanduan gadget. Sisi positifnya anak bisa berinteraksi dengan dunia luar yang dapat menambah wawasan dan pemikiran anak. Namun, sisi negatifnya adalah anak akan lupa waktu misalnya lupa waktu akan kewajibannya menjalankan perintah dari Allah Swt yaitu sholat.

Nah, untuk orangtua ada tips ampuh untuk menjauhkan anak dari gadget dalam waktu satu bulan yang dilansir priangantimurnews.com dari beberapa sumber dengan sistem per minggu. Yuk, intip tipsnya:

Minggu Pertama: Atur waktu main gadget atau handphone (Hp).

Di minggu pertama, ajak anak untuk mengatur jadwal memainkan Hp, misalnya batasi waktunya minimal 2 jam sekali memainkan hp. 2 jam memainkan, 2 jam selanjutnya tidak.

Baca Juga: Fatwa MUI Menyatakan Menggunakan Vaksin AstraZeneca bersifat Mubah, Begini Penjelasan Lengkap Kemenkes

Dengan pembatasan ini, anak akan mengetahui bahwa banyak hal yang bisa dilakukan saat tidak memegang hp atau memainkannya. Meskipun awalnya memang akan merenggek akan tetapi sebagai orangtua harus tegas karena ini semua demi kebaikan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber dan Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x