Tahun Naga di 2024, Tanda Kedamaian dan Kesuksesan Bagi Budaya Asia Timur

- 1 Januari 2024, 08:10 WIB
Ilustrasi Naga yang disebut sebagai tanda kebehagaian Budaya Asia Timur.
Ilustrasi Naga yang disebut sebagai tanda kebehagaian Budaya Asia Timur. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Memasuki tahun 2024, menurut keyakinan dan perhitungan masyarakat di Asia Timur yaitu datangnya tahun naga.

Seperti China, Korea, Jepang, serta orang-orang yang masih berpegang pada budaya Timur, di tahun 2024 ini diharapkan akan menjadi masa keajaiban juga pembawa kesuksesan dan keberuntungan.

Seperti yang tertulis pada laman Korea Times pada Minggu 31 Desember 2023 dikatakan, bahwa Naga adalah makhluk mitos yang menyimbolkan sebuah kekuatan, otoritas dan kesuksesan, juga mempunyai tempat khusus dalam kebudayaan di Asia Timur.

 Baca Juga: HEBAT! Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makasar saat Magang Promosikan Seni Budaya Sulsel di Thailand

walaupun makhluk mitos naga ini di negara barat kerap dianggap sebagai makhluk berbahaya dan menakutkan yang tinggal di gua-gua, tetapi di negara Asia memiliki status suci serta dipercaya dapat mengendalikan cuaca.

Seperti dikatakan Direktur Museum Gahoe Korea Selatan, Yoon Yeol-su, bahwa karakteristik dari makhluk Naga tersebut sebagai hewan khayalan, maka kerap disamakan seperti makhluk besar, tetapi misterius, yang disimbolkan seperti pahlawan atau raja.

Dilihat dari sisi sejarahnya, makhluk naga adalah simbol dari pusat kebudayaan di Asia Timur, khususnya pada masyarakat berbasis pertanian yang kerap muncul dalam simbol kerajaan.

Baca Juga: Padepokan Pancawarna Siliwangi Nusa Sadewa Konsisten Lestarikan Seni dan Budaya Lokal

Seperti Kaisar yang kerap menghias pada pakaiannya dengan motif naga sebagai simbol keagungan, kemakmuran, serta kekuasaan.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x