Wartawan Afrika Mengecam Manipulasi UEA atas Piala Dunia Qatar 2022

- 6 Juni 2021, 00:13 WIB
Qatar akan menjadi negara pertama di Timur Tengah yang menggelar Piala Dunia yang rencananya akan dimulai pada November 2022
Qatar akan menjadi negara pertama di Timur Tengah yang menggelar Piala Dunia yang rencananya akan dimulai pada November 2022 /Twitter/@Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Dalam resolusi yang dirilis pada hari Rabu, 2 Mei 2021, Federasi Jurnalis Afrika (FAJ) menyatakan bahwa mereka merasa “kecewa” atas upaya UEA untuk "memanipulasi organisasi jurnalis di Afrika agar mengeluarkan pernyataan publik atau kampanye menentang Piala Dunia FIFA 2022”.

Resolusi tersebut, yang diadopsi pada Konferensi Pemimpin Jurnalis Afrika yang diadakan minggu ini di ibukota Ghana, Accra, juga meminta badan sepak bola dunia, FIFA, serta badan regional, Konfederasi Sepak Bola Afrika, untuk menyelidiki dan memberi sanksi kepada mereka yang bertanggung jawab.

Presiden FAJ Sadiq Ibrahim Ahmed mengatakan bahwa setidaknya delapan asosiasi jurnalis Afrika telah dihubungi oleh orang-orang yang mereka yakini terkait dengan pejabat tinggi UEA, yang menekan mereka untuk mengadakan konferensi pers dan berbicara menentang Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia dan untuk mendorong Tim Afrika akan memboikot turnamen.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta, Master Chef Indonesia, Magician To Euro 2020, Jadwal RCTI 6 Juni 2021

Dia mengatakan pendekatan ke asosiasi semua dilakukan dalam tiga bulan terakhir, dengan yang terbaru dilaporkan sekitar dua minggu lalu, dan bahwa itu adalah tuntutan politik "dengan dalih 'pelanggaran hak-hak buruh' di Qatar".

“FAJ dan serikat-serikat afiliasinya tidak dapat membiarkan jurnalis Afrika digunakan seolah-olah orang Afrika adalah orang murahan yang dapat dimanipulasi dan digunakan untuk menyelesaikan masalah politik,” kata Ahmed.

“Kami tidak tertarik dengan perselisihan politik di Teluk. Mandat utama kami adalah untuk membela jurnalis dan kepentingan mereka serta kebebasan media," lanjutnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kesadaran Global di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Resolusi itu juga mengutip kekhawatiran bahwa “gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya” dapat membahayakan pelaporan oleh jurnalis Afrika di turnamen tersebut.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x