Menteri Luar Negeri Baru Israel, Yair Lapid Segera Lakukan Kunjungan Kenegaraan Pertama ke UEA

- 22 Juni 2021, 14:24 WIB
Menlu Israel Yair Lapid.
Menlu Israel Yair Lapid. /Debbie Hill/Pool via REUTERS

PRIANGANTIMURNEWS– Yair Lapid terpilih sebagai Menteri Luar Negeri baru Israel akan segera mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) pada minggu depan.

Pada Senin, 21 Juni 2021, Yair Lapid mengumumkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke UEA pada tanggal 29-30 Juni untuk melakukan peresmian kedutaan besar Israel yang berada di Abu Dhabi serta konsulat di Dubai.

Yair Lapid merupakan kekuatan pendorong bagi negara Israel yang sudah dilantik pada minggu lalu dan mengakhiri rekor Benjamin Netanyahu.

“Hubungan Israel-UEA adalah hubungan penting yang buahnya dinikmati tidak hanya oleh warga kedua negara, tetapi juga seluruh Timur Tengah,” ungkapnya dalam pernyataan yang dilansir Middle East Monitor pada Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga: Dunia Musik Berduka Cita Atas Meninggalnya Steven Nugraha Kaligas dari Steven & Cocunut Trez

Kunjungan Yair Lapid bertujuan untuk mencapai kesepakatan normalisasi hubungan akhir tahun lalu yang sudah ditandatangani oleh pihak UEA dan Bahrain, serta diikuti oleh Sudan dan Maroko.

Kesepakatan normalisasi tersebut dikecam Palestina dan menyatakan bahwa negara-negara tersebut sudah meninggalkan posisi bersatu yang di mana negara-negara Arab akan berdamai sesudah adanya solusi dua negara dan beberapa tahun lama negosiasi yang sudah dilakukan menjadi buntu.

Abu Dhabi menjelaskan bahwa kesepakatan merupakan suatu bentuk upaya preventif dalam pencaplokan yang sudah direncanakan Tel Aviv terhadap Tepi Barat yang diduduki.

Baca Juga: Elsa Sebut Belum Saatnya Melawan Aldebaran, Bocoran Ikatan Cinta 22 Juni 2021

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Middle East Monitor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x