Pertemuan Joe Biden dengan Xi Jinping: Sudah Seharusnya AS dan China Salling Menghormati

- 17 November 2021, 09:06 WIB
Presiden AS Joe Biden dengan Presiden China Xi Jinping saling berjabat tangan.
Presiden AS Joe Biden dengan Presiden China Xi Jinping saling berjabat tangan. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Saat berbicara dengan Joe Biden, Presiden China Xi Jinping mengatakan sudah seharusnya China dan Amerika Serikat saling menghormati satu sama lain.

Pernyataan itu disampaikan Xi saat ia melakukan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden melalui aplikasi video daring dari Beijing, Selasa 16 November 2021 pagi waktu setempat.

Menurut Xi, sebagai sesama pemimpin ekonomi dunia dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, China dan AS perlu bersama-sama meningkatkan kerja sama dan mengintensifkan komunikasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Langsung Panglima TNI, KSAD, Kepala BNPB dan 12 Duta Besar Republik Indonesia Siang Ini

Pemimpin Partai Komunis China (CPC) itu menyampaikan bahwa pada saat masing-masing menjalankan roda pemerintahan dalam negeri, keduanya juga bahu-membahu dalam memikul tanggung jawab terhadap dunia global demi meningkatnya perdamaian dunia.

"Ini adalah keinginan bersama rakyat kedua negara dan masyarakat dunia," ujarnya dikutip dari ANTARA.

Xi menekankan bahwa stabilitas hubungan kedua negara sangat dibutuhkan demi terciptanya perdamaian, termasuk dalam menemukan cara yang paling efektif dalam menghadapi tantangan global, seperti perubahan iklim dan pandemi COVID-19.

Baca Juga: Timnas Belanda Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2022, Setelah Taklukan Norwegia Dengan Telak!

"Kami siap membangun konsensus dan mengambil langkah-langkah nyata dalam memajukan kemitraan China-AS ke arah yang positif sesuai dengan harapan masyarakat internasional," kata Xi yang juga pemimpin utama militer di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @indozone.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x