Di India Terinjak-injak di kuil Keagamaan tewaskan 12 orang

- 1 Januari 2022, 15:15 WIB
Ilustrasi Kuil India.
Ilustrasi Kuil India. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Sedikitnya 12 orang tewas dan 13 terluka dalam penyerbuan di sebuah kuil keagamaan di India pada dini hari Sabtu, 01 Januari 2022 ketika ribuan peziarah berkumpul untuk berdoa, kata para pejabat.

Bencana itu terjadi sekitar pukul 3 pagi saat hari masih gelap di rute menuju kuil Vaishno Devi di Kashmir yang dikelola India, salah satu situs Hindu paling dihormati di negara itu.

"Orang-orang saling berjatuhan ... Sulit untuk mengetahui kaki atau lengan siapa yang terjerat dengan siapa," saksi Ravinder, yang hanya menyebutkan satu nama, mengatakan kepada AFP melalui telepon dari tempat kejadian.

Baca Juga: China Mengakhiri Tahun 2021 dengan Kasus COVID-19 Mingguan Tertinggi Sejak Menjinakkan Epidemi Asli

"Saya membantu mengangkat delapan mayat pada saat ambulans tiba setelah sekitar setengah jam. Saya merasa beruntung masih hidup tetapi masih gemetar dengan ingatan tentang apa yang saya lihat," katanya.

Seorang pejabat mengatakan bahwa ada terburu-buru untuk menawarkan doa khusus untuk tahun baru tetapi ini tidak dikonfirmasi oleh yang lain.

Jutaan tempat pemujaan memenuhi kota-kota besar, kota kecil dan desa-desa di India yang mayoritas Hindu serta situs-situs terpencil di Himalaya atau di hutan-hutan di selatan.

Beberapa adalah situs ziarah yang sangat penting dan pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi telah banyak berinvestasi dalam meningkatkan infrastruktur untuk memudahkan akses.

Baca Juga: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Ajak Masyarakat untuk Tebak Skor Hasil Pertandingan Final Piala AFF Suzuki 2020

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x