5 Skenario Ukraina Setelah Invasi Rusia

- 5 Maret 2022, 20:40 WIB
Pasukan keamanan Ukraina mengambil bagian dalam latihan anti-invasi.*
Pasukan keamanan Ukraina mengambil bagian dalam latihan anti-invasi.* /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari mengejutkan dunia, tetapi Presiden Vladimir Putin tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur.

Berikut adalah skenario yang mungkin untuk minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang, menurut sumber-sumber pemerintah Barat dan para ahli tank.

1.Rawa militer
Pasukan Ukraina telah menolak invasi Rusia sejauh ini, mengalahkan upaya pasukan terjun payung untuk merebut ibu kota pada hari-hari pembukaan dan mempertahankan kendali atas kota-kota besar seperti Kharkiv dan Mariupol.

Meskipun Rusia mengklaim memiliki superioritas udara penuh, pertahanan udara Ukraina di sekitar ibukota Kyiv dan di daerah lain tampaknya terdegradasi tetapi masih bekerja, kata pejabat Barat.

Baca Juga: SUTIONO LAMSO Pemain Persib yang Paling Banyak Membobol Gawang Persiraja

"Itu menyebabkan mereka begitu banyak masalah," kata sumber Eropa kepada wartawan pada hari Jumat (4 Maret) dengan syarat anonimitas.

Banyaknya Ukraina juga telah bergabung dengan unit pertahanan teritorial dan tetap ada pertanyaan tentang moral tentara Rusia dan dukungan logistiknya.

Didukung oleh intelijen Barat dan aliran rudal anti-tank dan permukaan-ke-udara, pasukan Ukraina mungkin dapat bertahan di ibu kota dan memaksa semacam kebuntuan militer.

Memperdalam sanksi Barat yang mencekik ekonomi Rusia mungkin memaksa Putin untuk mengubah perhitungannya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x